4 Bahan Alami untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Cuaca Ekstrem

Ilustrasi jahe dan kunyit. (pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Dera - Kamis, 24 Februari 2022 | 19:00 WIB

Sariagri - Cuaca ekstrem yang belakangan terjadi berpengaruh pada daya tahan tubuh dan dapat menyebabkan sakit. Demam, batuk serta pilek merupakan sakit yang belakangan ini menimpa masyarakat lantaran cuaca ekstrem.

Menjaga daya tahan tubuh saat cuaca ekstrem merupakan hal yang harus dilakukan. Tentu saja manfaatnya tidak mudah terserang penyakit dan badan dapat lebih segar.

Melansir Pinkvilla, terdapat sejumlah makanan yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga daya tahan tubuh saat cuaca ekstrem:

Lemon dan jeruk

Setiap kali seseorang jatuh sakit, mereka akan diminta untuk mengonsumsi vitamin C. Lemon dan jeruk merupakan makanan untuk menjaga daya tahan tubuh saat cuaca ekstrem.

Selain jeruk dan lemon yang kaya vitamin C, menjaga daya tahan tubuh saat cuaca ekstrem bisa meliputi jeruk nipis, paprika, bayam, selada dan kangkung.

Kunyit

Kunyit bisa menjadi makanan untuk menjaga daya tahan tubuh saat cuaca ekstrem. Senyawa kurkumin bermanfaat karena sifat anti-inflamasi dan antivirus. Kunyit bisa dipadukan dengan susu dan madu.

Baca Juga: 4 Bahan Alami untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Saat Cuaca Ekstrem
Kaya Manfaat, Ini Sajian Bercampur Kunyit yang Cocok untuk Sarapan

Bawang putih

Bawang putih bisa menjadi makanan untuk menjaga daya tahan tubuh saat cuaca ekstrem. Bawang putih mengandung seng untuk menjaga daya tahan tubuh dengan meningkatkan sel-T. Bawang putih menjadi penangkal flu.

Jahe

Jahe juga bisa menjadi makanan untuk menjaga daya tubuh saat cuaca ekstrem. Jahe mengandung vitamin B6, magnesium dan mangan yang meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, jahe mengandung senyawa Gingerol yang membuatnya bersifat anti-inflamasi dan anti-bakteri untuk menangkal infeksi.

Video Terkait