Kenapa Minuman yang Terkena Lalat Tidak Boleh Diminum? Ini Alasannya

Ilustrasi lalat. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: M Kautsar - Selasa, 22 Februari 2022 | 22:00 WIB

Lalat seringkali hinggap ke makanan yang tidak ditutup, tak terkecuali minuman. Minuman yang diletakkan begitu saja di meja pun biasanya menjadi sasaran lalat hinggap.

Serangga dari ordo Diptera ini sering kali dianggap sebagai sumber penyakit. Oleh sebab itu, minuman yang dihinggapi lalat disarankan untuk tidak lagi diminum.

Melansir sejumlah sumber, lalat memiliki kebiasaan hinggap di tempat yang kotor. Oleh sebab itu, lalat bisa memakan bakteri dari tempat yang dihinggapinya.

Bakteri tersebut nantinya akan berkembang di tubuh lalat. Kemudian bakteri akan menjadi sumber kontaminan yang dikeluarkan melalui muntahan, kotoran lalat bahkan dari permukaan tubuhnya.

Nah ketika lalat hinggap di minuman atau makanan, dia akan memuntahkan makanan yang dicernanya atau meludahkannya.

Lalat diketahui tudak memiliki gigi. Mereka tidak dapat mengunyah makanan yang pada karena mulutnya yang seperti sedotan spons.

Ketika tiba di permukaan minuman atau makanan, lalat akan mengeluarkan cairan pencernaan untuk mencairkan makanan menjadi mudah dicerna dan bisa mereka telan.

Baca Juga: Kenapa Minuman yang Terkena Lalat Tidak Boleh Diminum? Ini Alasannya
Dianggap Menjijikan, Ternyata Ini yang Dilakukan Lalat Ketika Hinggap Dimakanan

Bakteri yang dibawa lalat itu akan berpotensi menyebabkan mual, muntah, dan diare. Penyakit yang bisa dibawa lalat juga meliputi difteri, diare, dan cacingan.

Sebaiknya, perhatikanlah lingkungan rumah agar menjadi lebih bersih untuk menghindari kerumunan lalat. Selain itu, perhatikan juga tempat makan yang hendak dituju apakah banyak lalat atau tidak.

Video Terkait