Berani Mencoba? Casu Marzu, Keju Belatung yang Dianggap Seperti Narkoba

Ilustrasi Casu Marzu (Foto Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Reza P - Jumat, 18 Februari 2022 | 19:40 WIB

Sariagri - Jika Sobat Agri memiliki rencana untuk berkunjung ke Pulau Sardinia, di Italia, ada baiknya kamu jangan melewatkan untuk mencicipi keju casu marzu yang dianggap berbahaya di dunia.

Keju ini sendiri masuk ke dalam daftar produk ilegal di negara-negara Uni Eropa. Mengapa banyak sekali di eropa yang melarang karena keju casu marzu dianggap seperti narkoba. Ohya, kamupun tidak bisa membelinya dengan sembarangan loh. jika ingin mendapatkannya, kamu harus membelinya di pasar-pasar gelap Sardinia.

Mengutip dari laman WebMD, sebenarnya bahan baku yang digunakan untuk membuat ini tidak ada bedanya, tetap menggunakan susu domba. Hanya saja, dalam proses pembuatannya saja yang berbeda. Bayangkan saja, dalam prosesnya, casu marzu dibuat dengan menggunakan bantuan belatung.

Menjijikan bukan? Namun, belatung-belatung tersebutlah yang membantu proses pembusukan berlangsung dengan pas.

Cara Pembuatan

Berbicara bagaimana cara membuat keju unik satu ini, casu marzu menggunakan larva dari lalat keju yang lebih akrab disebut cheese skipper.

Casu marzu sendiri dilihat dari lama waktu pemrosesannya jauh lebih lama ketimbang keju biasa. Bayangkan saja, casu marzu bisa memakan waktu berbulan-bulan loh.

Pertama-tama, yang dibuat adalah keju tradisional bernama pecorino dengan cara memanaskan susu domba. Susu ini akan dibiarkan mengendap selama tiga minggu hingga membentuk gumpalan keju.

Setelah jadi, keju pecorino akan dipotong dan bagian luarnya yang keras akan dikupas hingga menyisakan bagian yang lembab dan empuk. Bagian ini akan dibiarkan terbuka untuk mengundang lalat datang dan meninggalkan telur di permukaannya. Telur-telur ini akan menetas jadi larva atau belatung.

Baca Juga: Berani Mencoba? Casu Marzu, Keju Belatung yang Dianggap Seperti Narkoba
Lekku, Sajian Tradisional Suku Bugis Saat Lebaran yang Tidak Lekang Zaman

Agar pembentukan belatung sempurna, keju akan ditaruh pada ruangan gelap yang ditutup rapat hingga beberapa minggu. Setelah itu, keju akan menjadi busuk dan dimakan oleh larva.Keju yang masuk ke dalam pencernaan larva akan memiliki aroma dan citarasa yang khas.

Dibutuhkan nyali yang sangat besar untuk mengonsumsi keju ini karena belatung yang masih hidup tentu saja masih menggeliat di permukaan atau bagian dalam keju. Bagaimana? Menjijikan bukan? membayangkannya saja sudah membuat merinding.

Ohiya, jika di tempat asalnya casu marzu ini biasa disantap dengan roti yang moist dan segelas anggur.

Video Terkait