Dilupakan, Ternyata Air Tajin Memiliki Banyak Manfaat

Ilustrasi Beras. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 10 Februari 2022 | 14:10 WIB

Sariagri - Mungkin sebagian dari kalian tidak pernah tahu apa itu air tajin atau air rebusan beras. Sebab, banyak orang saat ini lebih memilih menggunakan rice cooker yang lebih praktis ketimbang menanak nasi secara manual.

Padahal, air rebusan beras ternyata mempunyai manfaat dan bisa menjadi alternatif obat rumahan. Obat rumahan yang satu dengan mudah dibuat bahkan dapat menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit.

Sayangnya air tajin atau air rebusan beras kini pasti sudah jarang ditemui. Banyak yang telah beralih menggunakan rice cooker atau kompor listrik untuk menanak dan memasak nasi. Padahal, air rebusan beras atau tajin seringkali dijadikan sumber nutrisi bagi orang zaman dahulu.

Banyak yang meremehkan air rebusan beras, atau air tajin dalam kehidupan sehari-hari. Padahal jika ditinjau dari segi gizi, air tajin memiliki gizi yang cukup baik.

Tak hanya untuk perawatan kecantikan dan rambut, ternyata air tajin memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh, loh! Manfaat tersebut bisa didapatkan dengan cara menanak nasi yang benar dan tepat.

Dilansir dari boldsky.com, air tajin merupakan air rebusan dari proses menanak nasi sehingga saat nasi dimasak, ia akan melepaskan banyak nutrisi baik ke dalam air rebusannya.

Itu sebabnya mengapa air tajin memiliki banyak manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Inilah beberapa manfaat air tajin jika dikonsumsi setiap hari:

Mengatur Suhu Tubuh

Selain menghindari risiko penyakit, air tajin juga memiliki peranan penting untuk mengatur suhu tubuh. Sehingga jika musim hujan dan suhu udara jadi lebih dingin, dianjurkan untuk mengkonsumsi air tajin supaya suhu tubuh kita tetap normal dan stabil.

Mencegah Kanker

Nasi putih dipercaya sebagai sumber pencegah berbagai penyakit. Tak hanya nasi putih, jika seseorang rutin mengkonsumsi air tajin, maka nutrisi di dalam tubuh jadi makin sehat lagi dan bahkan dapat mencegah risiko terserang penyakit kanker.

Sembelit

Air tajin juga bermanfaat atasi dan mencegah sembelit. Ketika seseorang menderita sembelit, cobalah minum air tajin untuk mengatasi masalah tersebut.

Sumber Energi

Karena kandungan nutrisi yang didapat dari rebusan nasi, mengkonsumsi air tajin sama pentingnya untuk menjaga energi tubuh. Nasi memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, sehingga air rebusannya pun juga memiliki kandungan yang sama baiknya. Bahkan kebiasaan meminum air tajin sudah sangat umum dilakukan bagi para pekerja berat di India sehingga ketika mereka bekerja, mereka lebih energik.

Mencegah Gastroenteritis

Gastroenteritis atau infeksi pada usus atau perut karena serangan bakteri dan virus merupakan salah satu penyakit yang cukup menyakitkan. Penderitanya akan merasa mual, muntah, diare, bahkan kram perut ketika penyakit tersebut datang.

Untuk menanggulangi terjadinya gastroenteritis, air tajin merupakan pencegahan yang bisa dijadikan pilihan. Orang yang mengkonsumsi air tajin secara rutin akan terhindar dari penyakit gastroenteritis.

Melindungi dari Matahari

Tak hanya dikonsumsi dari dalam, jika dioleskan pada bagian tubuh 15 menit sebelum berkegiatan di luar ruangan, air tajin mampu menahan sinar matahari langsung ke tubuh. Itu karena air tajin mengandung zat oryzanol yang mampu menangkal sinar matahari langsung.

Setelah mengetahui manfaatnya, jika masih melakukan kegiatan menanak nasi dengan panci, sebaiknya gunakan air tajin tersebut untuk menjaga kesehatan.

Video Terkait



Baca Juga: Dilupakan, Ternyata Air Tajin Memiliki Banyak Manfaat
Rutin Konsumsi Jamu Beras Kencur, Rasakan Manfaat Tak Terduga Ini