Ini Penjelasan Betapa Pentingnya Mengonsumsi Buah dan Sayur

Ilustrasi buah dan sayuran (Pexels)

Penulis: Triana, Editor: Reza P - Senin, 14 Februari 2022 | 17:25 WIB

Sariagri - Buah dan sayur merupakan jenis makanan yang wajib kita konsumsi setiap hari. Namun, masih ada beberapa orang yang tidak suka sayur dan jarang makan buah. Padahal, kedua jenis makanan ini memiliki manfaat bagi tubuh.

Sebenarnya, banyak sekali penelitian yang sudah berhasil membuktikan jika seseorang rajin makan buah dan sayur setiap hari bisa mendapatkan manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh.

Seperti yang telah disampaikan oleh badan kesehatan dunia (WHO) sudah sejak lama mengkampanyekan konsumsi 5 porsi sayur dan buah setiap hari atau dikenal juga dengan istilah “5 a Day”.

Bagaimana tidak, kedua jenis makanan ini mengandung zat gizi vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Penelitian di Inggris mengeluarkan data statistik, bahwa hampir dari setengah penduduk di Inggris tidak rutin dalam mengkonsumsi buah dan sayur. Dimana hal tersebut juga mungkin terjadi pada masyarakat di Indonesia.

Padahal kita mengetahui jika mengkonsumsi buah dan sayur sangat dianjurkan untuk kesehatan. Buah merupakan sumber vitamin C terbaik dan kandungan antioksidan berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tubuh sangat membutuhkan asupan buah, setidaknya satu buah sehari yang dikonsumsi, agar kekebalan tubuh tetap terjaga.

Selain itu buah dan sayur juga kaya fitokimia yang merupakan zat kimia yang hanya ditemukan dalam buah dan sayur, yang berfungsi melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Zat kimia yang ada di dalam buah dan sayur di antaranya ialah beta karoten, likopen, dan juga polifenol. Beta Karoten, likopen berfungsi mengurangi risiko penyakit jantung, katarak dan kanker.

Baca Juga: Ini Penjelasan Betapa Pentingnya Mengonsumsi Buah dan Sayur
Habis Momen Lebaran, Konsumsi Empat Makanan Ini Agar Kondisi Kembali Sehat

Tidak hanya bisa dimakan langsung, buah juga dapat kamu konsumsi bersama dengan sumber protein, seperti kacang-kacangan atau yogurt.

Hampir semua buah juga mengandung potasium, yakni mineral yang mampu menurunkan tekanan darah. Konsumsi buah secara rutin juga baik untuk pencegahan penuaan dini, karena vitamin C yang ada pada buah dapat menangkal radikal bebas.