HPN 2022 di Kendari, Kenali 5 Makanan Khas Daerah yang Menggiurkan

Makanan khas Kendari yang begitu menggiurkan. (Wadaya)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 8 Februari 2022 | 15:20 WIB

Sariagri - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pusat telah menetapkan Kota Kendari sebagai tuan rumah pada acara puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022. Kegiatan puncak HPN rencananya akan dilaksanakan di halaman kantor Gubernur Sulawesi Tenggara di Kelurahan Anduonohu Kecamatan Poasia, pada 9 Februari 2022 mendatang.

Seperti diketahui, Kendari merupakan sebuah kota di wilayah Sulawesi Tenggara. Memiliki iklim tropis, pemandangan alam daerah ini juga indah.

Tak lengkap jika menilik Kota Kendari dengan kulinernya. Makanan khas daerah ini begitu menggiurkan bagi siapa yang datang.

Kenali 5 Makanan Khas Kendari:

1. Sate Pokea

Sate Pokea merupakan makanan olahan seafood yang terdiri dari sate kerang dengan bumbu kacang asam manis. Apabila menikmatinya, akan lengkap rasanya bersama gogos berupa olahan beras ketan yang direbus kemudian dibakar layaknya seperti lemper tapi tak ada isi berupa daging.

2. Kasoami

Makanan khas Kendari Kasoami berasal dari ubi. Ia memiliki bentuk yang unik ketika disajikan mirip seperti tumpeng.

Untuk menikmati Kasomi lebih enak dikombinasikan dengan ikan asin, ikan bakar, ikan palumara, ataupun olahan sayur lainnya.

3. Ikan Dole

Makanan khas Kota Kendari lainnya, Ikan Dole yang berbahan dasar ikan tenggiri ditambah dengan parutan kelapa muda. Adapun proses pembuatannya dengan menggiling ikan tenggiri, kemudian mencampurkan olahan gilingan dengan parutan kelapa muda dan di goreng hingga kecokelatan. Ikan dole begitu gurih jika dimakan ketika masih hangat.

4. Kue Bagea

Kue bagea ini biasanya dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang mengunjungi kota Kendari. Panganan ini berbahan dasar sagu, teksturnya yang agak keras, tapi saat di gigit, langsung meresap di lidah dan menciptakan rasa manis.

Kue bagea sangat cocok di jadikan buah tangan. Pasalnya kue kering ini biasanya mempunyai waktu yang lama untuk tetap bisa dinikmati.

Baca Juga: HPN 2022 di Kendari, Kenali 5 Makanan Khas Daerah yang Menggiurkan
Marc Marquez Injakkan Kaki di Lombok, Warganet: Harus Coba Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung

5. Kue Karasi

Kue barasi atau kue rambut, disebut oleh orang Kendari karena memiliki bentuk menyerupai jala dan rambut. Kue ini terbuat dari tepung beras, dengan sedikit garam, gula, tepung terigu, dan vanili untuk menambah aroma.

Kue Karasi dapat ditemukan dengan mudah di kota Kendari, bahkan panganan ini termasuk sebagai salah satu oleh-oleh khas daerah, rasanya yang manis dan lembut, sangat cocok bagi yang suka ngemil.