Hari Kanker Sedunia, Ini Sayur dan Buah yang Bisa Tangkal Penyakit Mematikan

Ilustrasi Buah Kiwi (Pixabay)

Editor: Dera - Jumat, 4 Februari 2022 | 13:20 WIB

Sariagri - Hari Kanker Sedunia yang jatuh setiap tanggal 4 Februari seakan menjadi pengingat penting untuk menjaga kesehatan, agar terhindar dari penyakit mematikan. 

Seperti diketahui, kanker adalah penyebab kematian nomor dua di dunia, yang hingga saat ini belum ada obat pasti untuk menyembuhkannya secara total. Terkecuali kemoterapi dan pengobatan medis yang hanya bisa mencegah penyebaran sel kanker lebih meluas. 

Sampai hari ini, banyak penelitian mengklaim bahwa sebagian besar kanker disebabkan oleh cacat genetik. Tidak ada makanan atau nutrisi yang dapat sepenuhnya membatalkan sel kanker. Tapi ada makanan yang bisa melawan penyakit dan bisa menurunkan risiko infeksi kanker.

Melansir dari Jagran.com, berikut sederet sayur dan buah yang bisa membantu mencegah kanker.

Apel

Apel mengandung polifenol dan bermanfaat dalam memerangi sifat seperti kanker. Polifenol adalah senyawa nabati yang dapat mencegah peradangan, penyakit kardiovaskular dan infeksi, serta melawan tumor.

Jamur

Dari beberapa penelitian ilmiah, jamur bermanfaat melawan kanker, tak heran jika jamur kerap dijadikan suplemen obat. Jamur adalah makanan yang sangat anti-inflamasi dan tidak memberi tumor bahan bakar untuk bekerja serta membantu dalam perlindungan DNA.

Wortel

Sayuran ini sendiri mengandung beberapa nutrisi penting termasuk vitamin K, vitamin A dan antioksidan. Wortel juga mengandung beta-karoten dalam jumlah tinggi dan beberapa penelitian telah mengisyaratkan bahwa beta-karoten memainkan peran penting dalam mendukung sistem kekebalan dan dapat mencegah jenis kanker tertentu. Sayuran berwarna oranye ini  digunakan untuk mengurangi risiko kanker payudara dan prostat.

Baca Juga: Hari Kanker Sedunia, Ini Sayur dan Buah yang Bisa Tangkal Penyakit Mematikan
Beda Plant Based Diet Dengan Vegetarian

Sayuran silangan

Sayuran berdaun seperti kangkung, brokoli, kubis, kembang kol, kubis Brussel, sawi, dan lobak memang kerap dijuluki sebagai sayuran ajaib. Pasalnya, sayuran ini kaya akan sulforaphane, antioksidan dan kolin yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. 

Buah kiwi

Kaya nutrisi, kiwi membantu dalam perbaikan DNA. Kandungan vitamin C di dalamnya bisa menjadi makanan penting selama kemoterapi dan radiasi. Jadi selalu sertakan buah ini untuk melawan kanker yang ada di tubuh.

Video Terkait