Dear Penderita Diabetes, Hindari 5 Kesalahan Ketika Sarapan

Ilustrasi pengidap diabetes. (Foto: Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Sabtu, 29 Januari 2022 | 06:00 WIB

Sariagri - Bagi penderita diabetes mestinya selektif memilih makanan untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, termasuk menghindari pola atau jenis sarapan tertentu. Ada beberapa kesalahan ketika sarapan yang dihindari penderita diabetes.

Pilihan menu sarapan yang tepat menjadi hal penting untuk membantu mengatasi mengendalikan diabetes.

"Ingat hal pertama di pagi hari, Anda sudah berjam-jam tanpa makan dan tubuh Anda membutuhkan bahan bakar," ujar Kelly O'Connor, ahli diet dan direktur pendidikan diabetes di pusat endokrinologi di Mercy Medical Center di Baltimore, dikutip dari Everyday Health.

Apabila Sobat Agri tidak sarapan, tubuh akan membuat sendiri dalam bentuk gula darah yang disimpan dan dilepaskan ke aliran darah. Ini seringkali menghasilkan gula darah yang terlalu tinggi.

Kendati demikian, pola makan sehat dan memastikan metabolisme berjalan sepanjang hari secara stabil, penderita diabetes juga perlu menghindari kesalahan ketika sarapan.

Penderita diabetes hindari 5 kesalahan ketika sarapan ini:

1. Konsumsi daging olahan

Biasanya sarapan harus dihidangkan dengan makanan yang ringan. Tak seperti bacon, sosis, dan ham, ini tidak menambahkan karbohidrat ke dalam pola makan, itu juga bukan pilihan protein yang sehat.

"Pilihan sarapan yang buruk memberikan kalori berlebihan dengan sedikit atau tanpa nutrisi," kata O'Connor.

"Jauhi sarapan berupa minuman kopi besar dengan krim kocok dan karamel, sereal manis, dan kue-kue manis,"tambahnya.


2. Lupa serat

Sarapan merupakan kesempatan dan waktu yang bagus untuk mendapatkan serat. Musababnya, serat baik untuk diabetes karena membuat kenyang tanpa menaikkan gula darah. Artinya serat bisa mengontrol gula darah yang lebih baik dan lebih sedikit kalori.

Cobalah untuk mendapatkan 7 sampai 10 gram serat setiap pagi sebagai bagian dari sarapan sehat untuk diabetes.

Baca Juga: Dear Penderita Diabetes, Hindari 5 Kesalahan Ketika Sarapan
Sirup Glukosa dan Sirup Fluktosa, Dua Jenis Pemanis Tambahan yang Kerap Digunakan



3. Hindari konsumsi Jus

Memakan buah lebih baik daripada meminumnya. Minum jus atau smoothie saja di pagi hari hanya akan memberikan setengah dari manfaatnya.

"Nutrisi yang lebih baik berasal dari makanan utuh. Perlu diingat bahwa satu porsi besar buah yang dijus mengandung karbohidrat dan kalori yang signifikan," jelas O'Connor.

Menurut O'Connor, itu berarti penderita diabetes bisa mengalami kenaikan gula darah dan penambahan berat badan karena terlalu sering mengonsumsinya. Selain itu, seperti dikutip Times of India, minum jus atau smoothie akan membuat merasa lapar lebih cepat.

4. Melewatkan sarapan

Kesalahan terbesar yang harus dihindari penderita diabetes yaitu melewatkan sarapan. Ketika pergi terlalu lama tanpa makan, tubuh masuk ke mode kelaparan. Ketika akhirnya menyerah pada rasa lapar di siang hari, bisa membuat makan berlebihan, tubuh pun akan mengambil semua lemak dari makanan dan menyimpannya.

5. Kurang protein

Bagi penderita diabetes, sarapan harus menggabungkan sumber karbohidrat yang sehat seperti nasi dan sayuran yang mengandung protein.

"Sarapan harus menggabungkan sumber karbohidrat yang sehat, sekitar 15 hingga 30 gram, dengan sedikit protein tanpa lemak. Pikirkan karbohidrat sebagai energi yang dibutuhkan tubuh Anda dan protein sebagai apa yang membuatnya bertahan," tukas O'Connor.

Video Terkait