Ini 5 Cara Mengetahui Ciri Madu Asli atau Palsu

Ilustrasi madu. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Dera - Sabtu, 29 Januari 2022 | 10:30 WIB

Sariagri - Madu dikenal dengan khasiatnya yang sangat menakjubkan bagi tubuh, terlebih khasiatnya yang memiliki sifat antibakteri yang dapat membasmi E.coli dan salmonella.

Adapun kandungan yang terdapat di dalamnya 100 gram madu, yaitu protein 0,3 gram, karbohidrat 79,5 g, serat 0,2 g, kalsium 5 mg, fosfor 16 mg, besi 0,9 mg, natrium 6 mg dan kalium 26,9 mg.

Manfaat madu sendiri bisa melegakan tenggorokan, meningkatkan performa olahraga, menurunkan tekanan darah, mencegah kanker dan menyembuhkan luka bakar.

Namun, Sobat Agri tetap harus waspada ya ketika mengonsumsinya, karena saat ini marak beredar madu palsu yang harganya jauh lebih murah, di mana terdapat campuran glukosa, fruktosa dan molases.

Berikut cara membedakan madu asli atau palsu

Dibakar

Madu asli akan mudah terbakar. Namun perlu pendampingan atau persiapan ketika ingin melakukan tes yang satu iniya Sobat Agri. Gunakanlah korek api batang dan celupkan ke dalamnya. Ketika dinyalakan batang korek api, yang asli akan terbakar dan menempel, namun jika tidak terbakar berarti pertanda palsu.

Gunakan ibu jari

Hal paling mudah untuk mengetes keaslian madu adalah dengan menggunakan ibu jari. Madu yang menetes atau menyebar akan menentukan ciri madu asli atau palsu. Madu asli bertekstur kental dan lengket. Ketika ditetes ke ibu jari, madu akan tetap menempel. Namun jika menyebar dan menetes, maka itu palsu.

Dimasak

Cobalah memasaknya untuk mengetahui keasliannya. Ketika dimasak, madu asli akan menjadi karamel dan tidak berbusa, sedangkan yang palsu teksturnya tidak akan berubah layaknya air.

Baca Juga: Ini 5 Cara Mengetahui Ciri Madu Asli atau Palsu
Cara Perajin dan Pedagang Tahu Tempe Menyiasati Tingginya Harga Kedelai

Gunakan sari cuka

Cara lain untuk membedkannya asli atau palsu adalah dengan mencampurkan sedikit madu, air dan dua hingga tiga tetes sari cuka. Ketika berbusa maka dia palsu.

Campurkan air

Untuk jenis yang asli tidak akan larut ketika dicampurkan dengan air. Cobalah kamu ambi satu sendok teh madu dan tuangkan ke dalam gelas berisi air. Jika larut ketika dicampur air bisa jadi pertanda itu palsu.

Video Terkait