Ini Obat Batuk Alami yang Dibutuhkan Tubuh Saat Sakit

Ilustrasi obat batuk alami. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: M Kautsar - Kamis, 27 Januari 2022 | 14:50 WIB

Sariagri - Cuaca yang tidak menentu dapat membuat seseorang terserang penyakit seperti flu dan batuk.

Mengutip sejumlah sumber terdapat berbagai cara sebagai obat batuk alami untuk pengobatan. Cara yang terpenting adalah mengatur asupan makanan yang masuk ke tubuh.

Ketika batuk, tentu saja seseorang harus menghindari makanan dan minuman yang memicu refluks asam seperti alkohol, kafein, cokelat, gorengan dan makanan berlemak serta makanan pedas.

Seseorang dapat memakan makanan yang kaya probiotik untuk meningkatkan sistem kekebalan dengan menyeimbangkan bakteri di usus. Makanan probiotik seperti sup miso, yogurt alami dan kimchi.

Obat batuk alami lainnya adalah jahe yang berfungsi untuk meredakan batuk kering atau asma karena sifat anti-inflamasinya. Jahe dapat membuat rileks selaput di saluran pernapasan dan mengurangi batuk.

Caranya, campurkan 20-40 gram potongan jahe ke dalam air panas lalu minumlah. Larutan tersebut dapat ditambahkan dengan madu atau perasan lemon.

Selain itu, cara berikutnya adalah madu sebagai obat batuk alami terlebih untuk anak-anak. Sebuah studi membandingkan keefektigan madu gelap, obat batuk dan tanpa pengobatan untuk mengobati batuk malam hari pada anak-anak.

Baca Juga: Ini Obat Batuk Alami yang Dibutuhkan Tubuh Saat Sakit
Bukan Ganja, Ini 5 Tanaman Herbal yang Bisa Menghasilkan Asap

Hasilnya, madu memberikan bantuan paling berhasil untuk mengobati batuk. Caranya adalah dengan mencampurkan dua sendok teh maud dengan air hangat atau teh herbal untuk mengobati batuk. Minumlah campuran madu tersebut sekali atau dua kali sehari. Namun jangan berikan kepada anak di bawah satu tahun.

Kemudian, minuman hangat juga dapat mengobati batuk. Hangat minuman kira-kira sesuai dengan suhu ruangan. Adapun minuman hangat yang bisa jadi obat batuk alami adalah teh herbal, teh hitam tanpa kafein, sari buah hangat dan kaldu bening.

Video Terkait