Mentan Sebut Program Food Estate Telah Berjalan dengan Baik

Mentan Syahrul Yasin Limpo saat meninjau areal zona 4 food estate Desa Makatakeri, Sumba Tengah, NTT. (Dok.Kementan)

Editor: Arif Sodhiq - Senin, 24 Januari 2022 | 19:40 WIB

Sariagri - Menteri Pertanian menyebut program food estate telah berjalan dengan baik dan memberikan hasil maksimal. Menurut dia, jika ada yang gagal karena hama dan bencana alam adalah biasa dan tidak dapat menjadi ukuran keberhasilan program itu. 

"Selama ini food estate itu berjalan dengan baik dan hasilnya sudah maksimal. Ada yang gagal tentu saja dari 30 ribu (hektare) kalau ada 200 (hektare) yang terserang hama dan banjir itu tidak bisa jadi ukuran," ujarnya dalam rapat kerja (raker) dengan DPR RI di Jakarta, Senin (24/1/2022).

Mentan membantah jika food estate telah memakan banyak anggaran. Besaran anggaran food estate, lanjut dia, tidak ada di Kementan melainkan di kementerian lain. 

"Food estate yang buat contoh itu di Kalimantan Tengah, 30 ribu (hektare) itu berhasil maksimal. Kalau anggaran besar itu tidak di Kementan," ujarnya. 

Baca Juga: Mentan Sebut Program Food Estate Telah Berjalan dengan Baik
BPTP Kalteng Ungkap Pengembangan Food Estate di Kapuas-Pulang Pisau

Pada kesempatan itu Mentan mengatakan pihaknya tidak boleh salah dalam melakukan perencanaan terhadap pencapain produktivitas pertanian. 

"(Dalam hal pertanian) tidak boleh salah spekulasi (hasil pertanian) 270 juta orang bersoal (kalau sampai salah spekulasi)," pungkanya. 

Video:

Video Terkait