Viral Pria Ini Masak Daging Ayam Pakai Obat Batuk Sirup, Apa Manfaatnya?

Pria masak ayam pakai obat batuk sirup. (TikTok @igrobflo)

Editor: M Kautsar - Minggu, 23 Januari 2022 | 11:00 WIB

Sariagri - Jagat media sosial kembali dihebohkan dengan sebuah unggahan video, kali ini menayangkan aksi seorang warganet memasak potongan dada ayam menggunakan obat batuk sirup. Digadang-gadang cara tersebut dapat menyembuhkan pilek.

Video tersebut dibagikan oleh pengguna TikTok asal luar negeri @igrobflo, tampak pria tersebut tengah memasak dua potong dada ayam berukuran besar menggunakan teflon di atas api kecil. Kemudian diapun menyirami empat per tiga obat batuk sirup ke dalamnya.

Agar kedua sisi daging ayam tersebut matang sempurna, si pria tersebut terlihat membalikannya menggunakan catokan rambut atau alat pelurus rambut sebagi pengganti capit untuk memasak.

Pria itu mengatakan bahwa dirinya harus menunggu kurang lebih selama 30 menit hingga ayam tersebut benar-benar matang. "Terkadang uapnya bisa membuatmu mengantuk," ujar pria itu seraya menunjukkan daging yang terlihat membiru.

Yang mengejutkannya lagi adalah si pria tersebut memasukkan kembali obat batuk sirup yang digunakannya untuk memasak dada ayam ke dalam botol. "Kemudian tiriskan obat sirup yang tidak terpakai ke dalam botol kembali," tandasnya.

Ia pun memperlihatkan hasil masakannya, yang mana dua daging ayam telah berubah warna menjadi kebiruan.

Rupanya tren memasak ayam menggunakan obat batuk sirup tersebut tengah beredar diberbagai platform media sosial, tren tersebut dinamakan ‘Chicken NyQuil’. Namun tren memasak itu memicu kontra terutama dari pakar kesehatan.

Baca Juga: Viral Pria Ini Masak Daging Ayam Pakai Obat Batuk Sirup, Apa Manfaatnya?
Atasi Kenaikan Harga Daging Ayam, Begini Langkah Pemerintah Malaysia

"Ketika Anda memasak obat batuk seperti NyQuil, Anda merebus air dan alkohol di dalamnya, membiarkan ayam mengandung sejumlah obat yang sangat terkonsentrasi pada daging," ujar dokter sekaligus asisten profesor klinis kedokteran keluarga, Aaron Hartman dilansir dari laman Mirror.

Dia menjelaskan bahwa memakan daging ayam yang sudah dimasak tersebut sama seperti mengonsumsi seperempat hingga setengah botol obat sirup. Selain itu, kata dia, cara memasaknya dapat menyebabkan keracunan.

 

Video Terkait