Minyak Goreng Satu Harga Dinilai Bentuk Komitmen Pemenuhan Kebutuhan Pangan

Akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Rio Dhani Laksana. (Antara/Wuryanti Puspitasari)

Editor: Arif Sodhiq - Jumat, 21 Januari 2022 | 16:05 WIB

Sariagri - Kebijakan pemerintah menetapkan minyak goreng satu harga perlu diapresiasi sebagai bentuk komitmen untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

"Kebijakan ini sangat baik dilakukan pemerintah sebab merupakan upaya pemerintah menjamin ketersediaan komoditas itu dengan harga terjangkau untuk masyarakat," ujar Akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Rio Dhani Laksana, Jumat (21/1/2022).

Kepala Galeri Investasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsoed itu mengatakan kebijakan satu harga minyak goreng setara Rp14.000 per liter yang dimulai 19 Januari 2022 bertujuan untuk mengatasi tingginya harga minyak goreng.

"Dengan adanya kebijakan ini diharapkan masyarakat dapat memperoleh minyak goreng dengan harga terjangkau dan di sisi lain produsen tidak dirugikan karena selisih harga akan diganti oleh pemerintah, sehingga produsen maupun ritel modern akan mendukung kebijakan pemerintah untuk menstabilkan harga minyak goreng," katanya.

Menurut dia, pada awal kenaikan harga minyak pemerintah telah menjalankan berbagai upaya untuk menurunkan harga minyak goreng.

"Kenaikan harga minyak goreng saat ini dipengaruhi oleh harga crude palm oil atau CPO dunia yang juga naik. Kenaikan harga CPO ini menyebabkan harga minyak goreng ikut naik cukup signifikan," katanya.

Selain itu, kata dia, kenaikan CPO juga disebabkan faktor lain yaitu kenaikan harga minyak nabati dunia.

"Langkah pertama yang sudah dilakukan adalah menjalankan operasi pasar, tetapi operasi pasar saat itu belum berhasil sehingga pemerintah harus melakukan Langkah yang lebih intens dalam menurunkan harga minyak goreng di pasaran," katanya.

Pemerintah memutuskan untuk memberlakukan minyak goreng satu harga Rp14.000 per liter untuk penggunaan rumah tangga serta usaha mikro dan kecil.

Baca Juga: Minyak Goreng Satu Harga Dinilai Bentuk Komitmen Pemenuhan Kebutuhan Pangan
Pemerintah Tetapkan Satu Harga Minyak Goreng Rp14.000 per Liter, Dimulai dari Sini

Sementara itu dia juga mengapresiasi kebijakan pemerintah yang telah menyiapkan dana Rp7,6 triliun yang akan digunakan untuk membiayai penyediaan minyak goreng kemasan bagi masyarakat sebesar 250 juta liter per bulan atau 1,5 miliar liter selama enam bulan.

"Kebijakan ini merupakan langkah yang tepat dan menunjukkan respons cepat pemerintah dalam mengatasi kenaikan harga minyak goreng," pungkasnya.

Video:

Video Terkait