Jangan Sembarangan, Ini 5 Buah yang Boleh Dimakan Saat Sakit Tipes

Ilustrasi - Manfaat kulit buah naga. (Piqsels)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 21 Januari 2022 | 13:10 WIB

Sariagri - Tipes merupakan jenis penyakit yang menginfeksi sistem pencernaan, kita tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan secara sembarangan. Termasuk ketika mengonsumsi buah untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Bagi penderita tipes, ada beberapa buah yang boleh dan tidak boleh dimakan. Karena itu, harus benar-benar menjaga makanan dengan tepat.

Tipes atau bahasa medisnya disebut dengan demam tifoid adalah penyakit menular yang menyerang sistem pencernaan akibat terinfeksi bakteri Salmonella typhi. Selama terserang penyakit ini, sistem pencernaan orang yang sakit tipes mengalami peradangan.

Saat seseorang sakit tipes dibiarkan mengonsumsi makanan sembarangan dan tidak menjaga asupannya dengan tepat, komplikasi serius bisa saja terjadi. Komplikasi paling umum adalah perdarahan di usus serta perforasi usus, yaitu kondisi ketika dinding usus muncul lubang-lubang.

Lantas pemilihan asupan makanan yang tepat sangat penting ketika seseorang sakit tipes. Ini tidak hanya untuk menghindari komplikasi, tapi juga sekaligus mendukung pengobatan tipes agar agar cepat pulih.

Berikut ini 5 buah yang baik untuk penderita tipes

1. Pisang

Buah pisang, terutama pisang yang sudah matang sangat baik dikonsumsi untuk orang yang sakit tipes. Tekstur pisang matang yang umumnya lembek dan lebih lembut membuat makanan ini dapat dengan mudah melewati saluran pencernaan.

Tidak hanya itu, tipes biasanya juga disertai dengan diare. Kandungan kalium dalam pisang akan membantu menggantikan elektrolit yang keluar dari tubuh ketika diare.

2. Melon

Melon merupakan buah yang mengandung serat paling sedikit dibanding dengan jenis buah segar lainnya. Meskipun rendah serat, melon mengandung banyak nutrisi yang tidak kalah menyehatkan.

Satu porsi buah melon (100 gram) mengandung 36 kalori dengan 3% serat pangan, 1% protein, 1% zat besi, dan 5% kalium. Berbagai kandungan tersebut bisa membantu orang yang sakit tipes untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya sehingga bisa mempercepat proses pemulihan.

3. Alpukat

Alpukat adalah makanan super yang mengandung serat dan nutrisi penting. Kandungan buah ini dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan yang terganggu akibat bakteri penyebab tipes.

Dalam jumlah 100 gram, alpukat mengandung 160 kalori dengan 19% lemak, 3% karbohidrat, dan 4% protein. Buah ini baik untuk Anda yang mengidap tipes karena tinggi kalori dan nutrisi, sehingga dapat membantu pemulihan kondisi kesehatanmu.

4. Semangka

Kandungan utama dalam daging buah semangka adalah air. Lantaran mengandung banyak air, semangka memilliki kandungan serat yang rendah. Ini berarti semangka merupakan buah yang baik untuk penderita tipes.

Sama halnya dengan melon, meski memiliki serat yang rendah semangka tetap mengandung sejumlah nutrisi yang tidak kalah menyehatkan dibandingkan dengan buah lainnya. Tidak hanya itu, semangka adalah sumber antioksidan yang sangat sangat baik untuk tubuh.

Kandungan air yang banyak pada buah semangka dapat menggantikan cairan dalam tubuh Anda ketika mengidap tipes. Oleh karena itu, semangka dapat mencegah Anda kehilangan terlalu banyak cairan tubuh dan mempercepat proses pemulihan.

5. Buah naga

Buah naga memiliki daging yang lembut dan tidak memiliki rasa yang tajam, sehingga dapat menjadi pilihan untuk penderita tipes. Gejala tipes berupa tidak nafsu makan dapat teratasi dengan mengonsumsi buah ini.

Sehingga, buah naga bisa dengan mudah dicerna oleh orang yang sakit tipes. Selain dari teksturnya, buah naga pun memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak yang mempercepat proses penyembuhan orang yang sakit tipes.

Dikutip dari Cleveland Clinic, buah naga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Buah ini juga dapat meningkatkan bakteri baik di usus yang dapat memperbaiki kondisi pencernaan ketika sakit tipes.

Video Terkait



Baca Juga: Jangan Sembarangan, Ini 5 Buah yang Boleh Dimakan Saat Sakit Tipes
Ini 9 Makanan B9 yang Baik Untuk Ibu Hamil dan Cegah Penyakit Kronis