Perdana, Negara Ini Kirim Beras ke Cina Melalui Jalur Kereta

Ilustrasi - Beras. (Unsplash/Matthew Lakeland)

Editor: Arif Sodhiq - Kamis, 20 Januari 2022 | 19:20 WIB

Sariagri - Kementerian Pertanian dan Koperasi Thailand pada Kamis (20/01) mengumumkan pengiriman perdana 1.000 ton beras asal negaranya menggunakan jalur kereta api Laos-Cina ke ChongqingMenurut kementerian itu, pengiriman melalui jalur kereta menandai babak baru ekspor Thailand ke Cina.

Penasihat Menteri Pertanian Thailand, Alongkorn Polabutr mengatakan ekspor produk pertanian lainnya juga akan menggunakan jalur rel baru itu. Menurut dia seperti dilansir Bangkok Post, untuk pengiriman awal beras dilakukan dalam 20 gerbong dan sudah sampai di Chongqing, Cina. Nantinya pengiriman lanjutan akan dilakukan.

Adanya jalur kereta api yang mulai beroperasi pada awal bulan lalu membuka peluang bagi Thailand untuk memperluas rute ekspor ke berbagai provinsi lainnya di Cina. Bahkan tidak menutup kemungkinan hingga ke Asia Tengah, Asia Timur, Timur Tengah, Rusia, dan Eropa.

Baca Juga: Perdana, Negara Ini Kirim Beras ke Cina Melalui Jalur Kereta
Stabilkan Harga Kebutuhan, Pemerintah Malaysia Perpanjang Kebijakan Ini

Pemerintah Thailand tengah mempertimbangkan untuk mengekspor buah-buahan, anggrek, karet, singkong, minyak kelapa sawit serta produk perikanan dan ternak melalui jalur kereta api yang baru.

Dengan adanya jalur kereta api, buah asal Thailand dapat sampai di Chongqing dalam waktu 1-2 hari, sehingga kesegarannya tetap terjaga. Jalur itu memungkinkan Thailand melakukan ekspansi ke pasar di Cina.

Video:

Video Terkait