Bisa Sebabkan Kematian, Ini Bahaya Makan Kerang Hijau Secara Berlebihan

Kerang hijau (Wikimedia Commons)

Editor: Dera - Kamis, 20 Januari 2022 | 12:10 WIB

Sariagri - Kerang hijau adalah salah satu jenis makanan seafood yang banyak digemari masyarakat Segala jenis makanan laut memnag memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Kerang hijau memiliki kandungan seperti protein, lemak, asam lemak omega-3, zat besi, kalsium, kalium, dan selenium. Kerang hijau juga mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A, B12, dan C.

Berkat kandungan gizinya yang cukup tinggi dan harganya yang bersahabat di kantong, tak heran jika hewan laut yang memiliki nama ilmiah Perna viridis ini selalu ramai peminat.

Sayangnya, bagi kamu yang gemar mengonsumsi kerang hijau ada kabar yang tidak baik nih Sobat Agri. Faktanya, mengonsumsi kerang hijau tidak melulu baik untuk tubuh. Jika kamu terlalu banyak atau sering makan kerang hijau justru memicu berbagai macam masalah kesehatan yang berbahaya.

Mengutip dari Livestrong, kerang hijau dapat bertahan hidup dengan cara memakan plankton, sedangkan plankton mengandung racun yang berbahaya.

Plankton dinophysis yang sering dimakan kerang ini dapat menyebabkan kelumpuhan pernapasan pada manusia. Bahkan, jika kamu sampai salah dalam mengolahnya justru dapat meningkatkan kandungan racun di dalamnya.

Parahnya lagi, plankton pseudo-nitzschia yang menjadi santapan kerang hijau juga dapat menyebabkan kerusakan otak. Pada beberapa kasus yang sudah terjadi, beberapa orang yang memakan kerang hijau berlebihan mengalami sakit kepala yang parah.

Keracunan makanan akibat kerang juga bisa kamu perhatikan dengan munculnya mual, muntah, kram, mati rasa, kesemutan, dan sulit bernapas. Nah, kamu juga harus tahu nih, racun yang ada pada kerang tidak akan mati mau seberapa matang kerang hijau dimasak dengan suhu panas.

Lebih lanjut, makan kerang hijau secara berlebihan akan menghasilkan gizi yang terlalu tinggi, sehingga tak lagi dibutuhkan oleh tubuh.

Jika sudah terjadi kondisi seperti ini dapat memicu kerusakan hati dan juga diabetes. Kandungan zat besi pada kerang juga menyebabkan penyakit alzheimer di masa tua yang akan datang.

Baca Juga: Bisa Sebabkan Kematian, Ini Bahaya Makan Kerang Hijau Secara Berlebihan
Cegah Risiko Stroke dengan Konsumsi 5 Makanan Ini

Apabila kamu masih ingin mengonsumsi kerang ini, berdasarkan anjuran medis kamu disarankan hanya boleh memakan sekali saja dalam seminggu dengan jumlah yang tidak terlalu berlebihan.

Penting untuk diketahui, makanlah kerang hijau yang cangkangnya terbuka, sebab cangkang yang tidak bisa terbuka berarti kerangnya sudah mati sebelum dimasak.

Video Terkait