Tidak Disangka, Air Rebusan Daun Bawang Ternyata Punya Banyak Manfaat Loh

Ilustrasi daun bawang. (Freepik)

Penulis: Triana, Editor: M Kautsar - Kamis, 20 Januari 2022 | 10:45 WIB

Sariagri - Mungkin sebagian dari kamu sering menggunakan daun bawang untuk dijadikan tambahan di setiap masakan. Namun, kamu tahu tidak jika daun bawang rupanya memiliki manfaat untuk kesehatan loh.

Daun bawang adalah sayuran hijau dari keluarga allium atau bawang yang memiliki banyak manfaat. Selain bisa menambah masakan menjadi lebih sedap, daun bawang juga berkhasiat bagi kesehatan.

Mengutip dari Webmd, 15 gram daun bawang hanya memiliki 32 kalori, sedikit lemak, dan nol kolesterol. Daun bawang juga memiliki kadar gula yang lebih rendah jika dibandingkan dengan sayuran lain seperti wortel.

Mengkonsumsi 120 gram daun bawang dalam satu hari dapat memenuhi 10 persen kebutuhan serat harian tubuh. Kandungan serat tersebut dapat membuatmu kenyang lebih lama.

Itu artinya, kadar kolesterol juga dapat terkontrol dengan baik, sehingga kamu akan terhindar dari penyakit jantung dan diabetes.

Nah, agar kamu bisa mendapatkan manfaatnya jauh lebih baik lagi, kamu bisa meminum air rebusan daun bawang. Air rebusan daun bawang ternyata sangat berkhasiat bagi berbagai macam penyakit.

Penting untuk kamu tahu ya, satu ikat bawang daun, terdapat vitamin, antioksidan, asam folat, serat, dan berbagai nutrisi lain.

Ohya, ada juga kandungan polisulfida pada bawang daun mampu melindungi kita dari penyakit jantung. Daun bawang juga mengandung mangan, mineral yang bermanfaat mempertahankan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Selain itu, daun bawang juga punya berbagai manfaat untuk kamu yang mempunyai masalah dengan insomnia atau sulit tidur. Rutin mengkonsumsi air rebusan bawang daun dalam satu minggu dapat membantu kita mengurangi risiko stres. Tidur pun menjadi lebih nyenyak.

Tidak hanya itu, ada sebuah penelitian yang mengatakan jika air rebusan bawang daun bisa melawan datangnya infeksi, baik itu yang berasal dari bakteri, jamur, hingga virus. Bahkan, disebutkan bahwa sayuran dari bawang-bawangan ini juga mampu melawan bakteri penyebab penyakit layaknya salmonela dan e.Coli.

Baca Juga: Tidak Disangka, Air Rebusan Daun Bawang Ternyata Punya Banyak Manfaat Loh
Bunga Telang, Tanaman Herbal yang Bisa Obati Berbagai Macam Penyakit

Oleh karena itu, masalah kesehatan lain yang terkait dengan infeksi seperti gangguan pencernaan dan masalah pernapasan bisa diatasi.

Penelitian lainnya juga menemukan bahwa dengan mengkonsumsi daun bawang, tubuh akan terlindungi dari penyakit kanker seperti kanker lambung atau perut, kanker paru-paru, serta kanker prostat.

Video Terkait