Harga Minyak Goreng Rp14.000 per Liter Diberlakukan, Masyarakat Diimbau Tidak Panic Buying

Ilustrasi Minyak Goreng di Pasar. (Sariagri/Rifky Junaedi)

Editor: Arif Sodhiq - Rabu, 19 Januari 2022 | 07:00 WIB

Sariagri - Menindaklanjuti tren kenaikan harga minyak goreng di masyarakat, pemerintah melalui Kementerian Perdagangan mulai 19 Januari 2022 memberlakukan kebijakan minyak goreng satu harga Rp14.000 per liter.

"Melalui kebijakan ini seluruh minyak goreng baik dalam kemasan sederhana maupun premium akan dijual dengan harga setara Rp14.000 per liter diperuntukan bagi pemenuhan kebutuhan rumah tangga serta usaha mikro dan kecil," ujar Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (18/1/2022).

Sebagai awal pelaksanaan kebijakan ini akan dilakukan terlebih dahulu di seluruh retail modern yang menjadi anggota Aprindo (Asosiasi Pedagang Ritel Seluruh Indonesia). Sementara untuk pasar tradisional akan diberikan waktu satu minggu untuk melakukan penyesuaian harga.

Lutfi mengimbau agar masyarakat tidak melakukan panic buying atau membeli secara berlebihan.

"Karena pemerintah telah menjamin bahwa stok minyak goreng satu harga Rp14.000 per liter pasti dapat mencukupi kebutuhan seluruh masyarakat," katanya. 

BPDPKS telah mempersiapkan dana sebesar Rp7,6 triliun yang akan digunakan untuk membiayai penyediaan minyak goreng kemasan bagi masyarakat sebanyak 1,5 miliar liter selama 6 bulan ke depan.

Baca Juga: Harga Minyak Goreng Rp14.000 per Liter Diberlakukan, Masyarakat Diimbau Tidak Panic Buying
Harga Cabai, Minyak hingga Telur Meroket Hampir di Semua Wilayah, Ini Kata Mendag Lutfi



"Pada prinsipnya seluruh ritel modern mendukung kebijakan pemerintah ini. Saya mengapresiasi kepada 34 produsen minyak goreng yang telah berkomitmen untuk berpartisipasi penyediaan minyak goreng kemasan satu harga bagi seluruh rakyat Indonesia,"

"Melalui kebijakan ini diharap masyarakat bisa mendapat minyak goreng dengan harga terjangkau dan produsen juga tidak dirugikan," pungkas Lutfi. 

Video:

Video Terkait