Pandemi Tak Kunjung Berakhir, Restoran Ini Terpaksa Pakai Pelayan Robot Seharga Rp207 Juta

BellaBots, pelayan robot di restoran china The Chinese Buffet (Dailymail)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 18 Januari 2022 | 16:25 WIB

Sariagri - Sebuah restoran Cina bernama  di barat laut Inggris The Chinese Buffet terpaksa harus mengganti pelayan manusia dengan pelayan robot. Hal ini dilakukan lantaran pandemi Covid yang tak kunjung usai.

Mengutip dari Dailymail, robot-robot itu didatangkan untuk mengisi kekosongan staf yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Robot yang bernama BellaBots itu memiliki empat rak dan dapat melayani empat meja dalam satu perjalanan.

Saat tiba di meja pelanggan, BellaBots memberi tahu pengunjung untuk mengambil makanan dari rak yang menyala. Selama pengujian, BellaBots telah melakukan perjalanan lebih dari 67 mil atau sekitar 107 km dalam seminggu saat menyajikan makanan.

Harga BellaBots terbilang cukup mahal, yaitu sekitar 14,500 poundsterling (Rp 284 juta) per robotnya. Namun, perwakilan restoran The Chinese Buffet, David Ramsden mengatakan bahwa robot ini sudah menjadi solusi ampuh untuk mengatasi kekurangan pelayan.

"Ini unik dan sangat menarik. Robot ini akan menarik orang untuk datang ke restoran untuk melihat robot sedang melayani. Ini adalah daya tarik yang baik bagi orang-orang ke restoran," ujarnya,

Para pengunjung yang makan dengan keluarganya secara khusus datang untuk melihat BellaBots. Dan ketika seseorang berulang tahun, robot itu dapat bergabu dengan staf manusia untuk menyanyikan selamat ulang tahun kepada para pengunjung.

Baca Juga: Pandemi Tak Kunjung Berakhir, Restoran Ini Terpaksa Pakai Pelayan Robot Seharga Rp207 Juta
Viral Nasi Goreng Robot Malang, Dibaliknya Ada Kisah Tragis

"Selama masa pandemi, restoran ini sempat tutup. Hingga akhirnya kita ubah konsepnya, dari buffet, menjadi meja buffet. Pengunjung bisa memesan makanan sepuasnya yang tersedia di buffet lewat aplikasi, nantinya makanan ini langsung diantar oleh robot," ucap Ramsden.

Kendati demikian, tak semua pelayan di restoran ini diubah menjadi robot. Restoran ini masih mempertahankan beberapa pegawai tetapnya. Di mana fungsi pegawai ini untuk mendengarkan komplain hingga masukkan dari pengunjung tentang pelayanan robot.

Video Terkait