Kenali Jenis-jenis Sushi, Ini 5 Tempat Rekomendasi Restoran Sushi Terbaik di Jakarta

Ilustrasi sushi. (Freepik)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 17 Januari 2022 | 17:45 WIB

Sariagri - Mendengar kata "sushi" kebanyakan orang akan tahu kalau itu merupakan makanan khas Jepang yang terdiri dari ikan dan sayur dikombinasikan dengan nasi yang telah dibumbui dengan cuka.

Sebenarnya, sushi pernah menjadi makanan pokok di berbagai wilayah Asia. Makanan yang kita kenal saat ini, jauh berbeda dengan sushi pada saat itu berupa ikan asin yang diawetkan dalam nasi fermentasi.

Kata "sushi" itu sendiri secara kasar memiliki arti "asam" yang berasal dari rasa fermentasi nasi. Sushi masa lampau itu menjadi umum di Jepang hingga akhir Zaman Edo. Setelah itu, gaya hidangan sushi kontemporer terus berkembang menjadi "Edomae sushi" yang hingga kini kita kenal.

Meski begitu, ada beberapa jenis sushi yang perlu kamu tahu sebelum coba memesannya di restoran sushi.

Berikut 4 jenis sushi yang sering ditemukan di restoran sushi dikutip berbagai sumber:

1. Nigiri, biasanya nasi sushi disajikan dengan topping ikan mentah, tamago (telur ikan), atau sayuran. Sebagian besar sushi ini dipasangkan dengan salmon atau tuna mentah walaupun sebagian ada yang dimasak atau dibakar.

2. Maki sushi, menjadi jenis sushi yang paling dikenal dengan ciri ikan, sayur dan nasi yang digulung dengan selembar rumput laut (nori).

3. Temari sushi, nasi sushi tidak digulung, tetapi dibentuk seperti bola menggunakan tangan. Biasanya menggunakan toping ikan mentah dan rasa lebih manis.

4. Inari sushi, terdiri dari nasi sushi yang dibungkus oleh kantong aburage (tahu goreng tipis). Mempunyai rasa yang gurih, manis dan menjadi populer di Jepang sebagai menu tambahan dalam kotak bento (bekal makan siang).


Berikut Tempat Rekomendasi Restoran Sushi di Jakarta

Untuk menikmati sushi, tidak harus pergi ke Jepang sebab ada banyak restoran sushi di Jakarta yang bisa kamu kunjungi. Berikut, lima rekomendasi restoran sushi di Jakarta:

1. Sushi Tei

Restoran sushi ini cukup terkenal di Jakarta hingga kota-kota besar lainnya di Indonesia. Harganya pun terjangkau mulai dari Rp100.000 = Rp200.000.

2. Tom Sushi

Sushi dengan harga ramah kantong mulai dari Rp10.000-an. Beralamat di Grand Indonesia Mall dan cabang lainnya di Jakarta Utara.

3. Kappa Sushi

Restoran sushi ini berasal dari Jepang dan cukup terkenal. Membuka outlet pertamanya di Indonesia di Mall Central Park, Jakarta Barat dengan pilihan paket menu all you can eat dan ala carte dengan maksimal waktu makan sekitar 75 menit. Harga per orang mulai dari Rp138.000 - Rp228.000.Baca Juga: Kenali Jenis-jenis Sushi, Ini 5 Tempat Rekomendasi Restoran Sushi Terbaik di Jakarta
Restoran Ini Sajikan Makanan Pelanggan Hanya Dalam 13,5 Detik



4. Kintaro Sushi

Terkenal dengan menu gyukatsu disajikan dengan visual menarik di atas alas kereta shinkansen. Chef Kintaro yang namanya seperti nama restoran ini didatangkan langsung dari Jepang untuk menciptakan rasa sushi yang otentik. Berada di Rukan Beach View Blok A Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, harga sushi di sini dipatok mulai dari Rp20.000 an.

5. Genki Sushi

Restoran ini menyediakan beragam sushi dengan harga yang murah meriah. Menyediakan layanan self service menggunakan gadget yang disediakan restoran, dan setiap makanan yang dipesan akan diantar dengan mainan lucu yang unik. Restoran Jepang ini berada di Plaza Senayan, Jakarta Selatan dan cabang lainnya di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Bekasi, Depok dan Bandung. Menu sushi dipatok dengan kisaran harga Rp100.000 - Rp200.000.

Video Terkait