Biar Tidak Gampang Pikun, Konsumsi 7 Makanan Ini

Ilustrasi makanan sehat untuk hilangkan lemak perut. (Rawpixel)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 17 Januari 2022 | 18:00 WIB

Sariagri - Mengkonsumsi makan-makanan yang sehat tidaklah menjamin otak seseorang akan mempunyai daya ingat yang kuat.

Sebab, tidak ada cara yang tepat untuk mencegah seseorang itu sendiri terkena penyakit hilang ingatan atau dalam bahasa kedokteran dikenal dengan alzheimer.

Sebenarnya ada 3 hal penting yang biasanya seseorang lakukan untuk melindungi daya ingat. Seperti, rutin berolahraga, mengkonsumsi makanan yang sehat, dan menjaga berat badan.

Tidak lupa ada 7 rekomendasi makanan sehat yang dapat dikonsumsi agar otak tidak gampang hilang ingatan

1. Ikan

Salmon, makarel, dan jenis lainnya kaya asam lemak omega-3. DHA yang terkandung dalam omega-3, secara khusus menjaga sel otak tetap berfungsi normal.

2. Sayuran hijau berdaun gelap

Kale, bayam, collard, dan sayuran hijau berdaun gelap lainnya dianggap bisa memecah asam amino yang disebut homocysteine dalam darah. Homocysteine yang tinggi dapat memicu kematian sel-sel saraf di otak.

3. Berrie

Stroberi, blueberry, dan jenis lainnya dapat memperlambat penurunan kognitif yang datang seiring bertambahnya usia seseorang. Buah-buahan ini dapat membantu otak membersihkan protein beracun yang bisa menumpuk dan menyebabkan seseorang kehilangan ingatan.

4. Lemak sehat

Mengganti lemak jenuh dengan sumber yang lebih bergizi seperti alpukat dan minyak zaitun dapat meningkatkan kesehatan jantung dan otak.

5. Kacang dan biji-bijian

Almond, hazelnut, kacang tanah dan biji bunga matahari kaya akan vitamin E. Protein antioksidan yang membantu melindungi sel-sel otak.

Baca Juga: Biar Tidak Gampang Pikun, Konsumsi 7 Makanan Ini
Empat Makanan Padat Kandungan Nutrisi Sesuai Klasifikasi WHO

6. Anggur merah

Orang yang minum anggur merah dalam jumlah sedang memiliki risiko lebih rendah mengidap alzheimer. Perempuan harus meminum satu gelas sehari dan pria bisa minum anggur merah sebanyak dua gelas dalam satu hari. Tetapi, perlu juga diingat jika minuman beralkohol dapat meningkatkan risiko untuk masalah kesehatan lainnya.

7. Gandum

Biji-bijian yang kaya serat merupakan kunci utama untuk diet gaya mediterania. Yang juga mencampurkan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun dan wine menjadi satu.

Video Terkait