Begini Cara Benar Menyimpan Jengkol Agar Tidak Cepat Busuk

Ilustrasi jengkol. (pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Reza P - Senin, 17 Januari 2022 | 14:20 WIB

Sariagri - Jengkol merupakan salah satu makanan favorit sebagian besar masyarakat Indonesia. Selain cara mengolah jengkol, ternyata cara menyimpan jengkol juga penting untuk kamu perhatikan. Jika menyimpan jengkol dengan benar, maka makanan yang memiliki bau khas ini bisa tahan lama, bahkan hingga satu tahun.

Seorang netizen membagikan cara menyimpan jengkol hingga awet satu tahun. Tips tersebut diunggahnya melalui Channel YouTube pribadinya.

Dalam tayangan tersebut dijelaskan hal pertama yang harus dilakukan adalah mencuci bersih jengkol. Setelah dicuci, rendam jengkol dengan air dalam panci, beri secukupnya bubuk kopi, kemudian rendam selama semalaman.

"Kasih air penuh dan kasih bubuk kopi beberapa sendok, agar memudarkan bau jengkol, agar baunya tidak terlalu tajam. Rendam semalaman," kata netizen tersebut, dilansir YouTube Nikmatul Rosidah.

Manfaat dari merendam jengkol seharian ini ternyata membuat daging jengkol membesar. Setelah direndam, jengkol dibilas atau dicuci bersih dengan air mengalir.

Langkah selanjutnya adalah merebus jengkol. Saat direbus, beri bubuk kopi lagi, agar aroma jengkol lebih wangi. Rebus kurang lebih 45 menit, sampai kulitnya terkelupas, setelah itu dinginkan.

Setelah jengkol dingin, bersihkan kulit yang masih menempel sampai hanya menyisakan daging jengkol, lalu bilas kembali dengan air bersih. Kemudian jengkol digeprek, namun jangan sampai hancur. Barulah kemudian jengkol disimpan dalam wadah yang tertutup rapat.

"Biar enggak berongga, simpannya harus pada wadah yang ditutup rapat. Setelah setahun dia masih sama, masih bagus," jelasnya.

Baca Juga: Begini Cara Benar Menyimpan Jengkol Agar Tidak Cepat Busuk
Jangan Asal! Begini Cara Benar Memilih Tempe Berkualitas Baik

Kamu bisa menyimpan jengkol dalam kotak makan, tupperware, plastik, atau wadah kedap udara lainnya. Masukkan jengkol per porsi. Cara membekukan ini bisa membuat jengkol awet sampai satu tahun.

"Jadi saat ngambil dalam freezer cukup satu saja. Sebelum masak, dikeluarkan dulu, setelah di suhu ruang baru dimasukkan dalam bumbu," ujarnya.

Video Terkait