Rutin Konsumsi Jamu Beras Kencur, Rasakan Manfaat Tak Terduga Ini

Ilustrasi - Jamu Beras Kencur dan Kunyit Asam. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 17 Januari 2022 | 16:40 WIB

Sariagri - Dari sejak zaman dahulu, masyarakat Indonesia sudah mempercayai jamu beras kencur memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh dan menjadikannya sebagai obat herbal. Minuman ini dipercaya dapat menyegarkan dan berasal dari daerah Jawa.

Dari dulu hingga sampai saat ini, jamu beras kencur masih menjadi obat yang manjur dan populer. Sesuai dengan namanya, jamu beras kencur terbuat dari dari yang dihaluskan dan rimpang kencur sehingga memiliki rasa yang manis dan menyegarkan.

Karena perpaduan dua bahan alami inilah yang membuat jamu beras kencur mengandung vitamin B yang dapat merangsang lambung untuk memberikan rasa lapar.

Selain itu, kamu juga dapat merasakan berbagai manfaat yang akan kamu dapat jika kamu rutin mengkonsumsi jamu beras kencur seperti penyakit maag.

Namun, khusus penyembuhan maag ini tidak boleh mencampurkan rimpang jahe dan untuk asam kawak hanya boleh sedikit saja. Rasa manis pada jamu beras kencur sendiri berasal dari gula merah (gula kelapa atau gula aren) yang ditambahkan di dalamnya.

Sementara itu, kencur dan rimpang jahe memberi rasa sedikit pedas saat beras kencur diminum. Sampai sekarang, jamu beras kencur diolah menjadi minuman tradisional dan biasanya dijual di pasar umum atau dijajakan oleh penjual jamu keliling.

Manfaat jamu beras kencur ini dipercaya ampuh mengobati berbagai masalah kesehatan dan menangkal penyakit. Khasiat itu tentu saja didapatkan dari perpaduan nutrisi yang kompleks di dalam jamu beras kencur, minuman tradisional legendaris khas Indonesia.

Selengkapnya, berikut sejumlah manfaat jamu beras kencur untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui yang telah berhasil dirangkum dari berbagai sumber:

Mengobati Infeksi dan Peradangan

Untuk meringankan kondisi penyakit atau peradangan akibat infeksi bakteri, jamur atau parasit, bisa diatasi dengan minum jamu beras kencur secara rutin.

Apabila ada peradangan di bagian luar kulit, kamu bisa oleskan langsung jamu beras kencur ke kulit yang terinfeksi.

Karena, kandungan zat pada jamu beras kencur memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dipercaya efektif melawan infeksi bakteri.

Mencegah Kanker

Kencur mengandung etil p-metoksisinamat yang bersifat antikanker. Kandungan ini akan menghambat proliferasi sel karsinoma hati hepatoseluler untuk mencegah kanker.

Mengatasi Flu dan Batuk

Efek hangat yang dihasilkan kencur efektif mengatasi rasa mual, serta menyembuhkan flu dan batuk. Manfaat jamu beras kencur itu didapatkan dari kandungan minyak atsiri pada kencur sebagai peluruh dahak atau pembersih tenggorokan.

Khasiat inilah yang membuat jamu beras kencur dipercaya sebagai obat batuk alami paling manjur tanpa takut efek samping. Sensasi hangat dari jamu beras kencur juga dapat membantu menetralkan rasa pegal serta mengobati sakit kepala dan sariawan.

Menambah Nafsu Makan

Ketika anak-anak seringkali tidak selera makan, tentu ini membuat sebagian besar orang tua panik dan bingung. Untuk mengatasi situasi ini, minum jamu beras kencur menjadi pilihan tepat untuk meningkatkan nafsu makan pada anak tanpa harus minum obat.

Menyembuhkan Diare

Manfaat jamu beras kencur lainnya yaitu mampu menyembuhkan masalah diare, karena kencur mengandung zat-zat sitotoksik dan antibakteri. Sifat antibakteri dari kencur akan membunuh bakteri penyebab diare dengan cepat.

Selain itu, jamu tradisional ini mampu menghindari tubuh dari dehidrasi akibat kekurangan cairan saat diare.

Sebuah riset pada 2018 yang dipublikasikan dalam International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Science menyebutkan kencur berkhasiat sebagai antidiare sekaligus antibakteri. Pada riset tersebut, peneliti melakukan percobaan ekstrak kencur pada hewan yang mengalami diare. Hasilnya, terjadi perbaikan kondisi pada kelompok hewan yang menderita diare usai diberikan ekstrak kencur tersebut.

Baca Juga: Rutin Konsumsi Jamu Beras Kencur, Rasakan Manfaat Tak Terduga Ini
Ahli Biofarmaka Tropika: Standarisasi Industri Jamu Tingkatkan Mutu dan Kemanan Produk

Mengatasi Gangguan Mulut dan Gigi

Selain menjadi bumbu dapur dengan aroma khas, kencur juga dikenal sebagai obat tradisional untuk berbagai masalah kesehatan.

Dalam hal ini, manfaat tanaman kencur yaitu mampu melawan bakteri penyebab karang gigi (Lactobacillus acidophilus), dilansir dari International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences.

Video Terkait