Cobain Ini 5 Rekomendasi Makanan Sehat Pasca Berolahraga

Ilustrasi berolahraga menggunakan perangkat biosensor. (tectales)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 17 Januari 2022 | 10:15 WIB

Sariagri - Untuk mendapatkan tubuh sehat dan bugar kamu perlu memperhatikan asupan makanan setelah lelah berolahraga. Dalam 45 menit berolahraga, tubuh kamu akan berfungsi menyerap karbohidrat dan protein.

Jika kamu hendaknya ingin membentuk otot-otot tubuh, kamu dapat mengonsumsi setidaknya 330 gram protein dan 30-50-gram karbohidrat dalam kurun waktu 15 menit pasca berolahraga.

Namun, jika kamu ingin melakukan diet atau tanya menage postur, disarankan untuk menunda makan sekitar 45 menit pasca berolahraga. Makan setelah olahraga sangatlah penting penting untuk memperbaiki otot dan menstabilkan gula darah.

Berikut 5 makanan yang dapat dikonsumsi selepas berolahraga:

Buah 

Buah-buahan jelas sekali memiliki karbohidrat yang dapat dengan mudah dicerna untuk membantu tubuh memecah nutrisi di dalam tubuh. Buah-buahan seperti nanas memiliki sifat anti peradangan yang bisa membantu pemulihan otot sementara kiwi yang mampu membantu pencernaan.

Kamu juga bisa memilih buah beri atau pisang. Molekul dalam pisang dapat mencapai jaringan otot tubuh dengan cepat sehingga mampu mengisi kembali kadar glikogen yang dibutuhkan tubuh pasca olahraga.

Telur

Telur adalah makanan yang baik jika dikonsumsi selepas berolahraga karena memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan juga merupakan sumber nutrisi. Kandungan ini dapat membantu tubuh memperbaiki diri selepas mengeluarkan banyak energi.

Porsi telur yang yang dianjurkan untuk dikonsumsi setelah olahraga adalah campuran lima putih telur dan satu telur utuh, sehingga kamu dapat manfaat maksimal putih telur tanpa sama sekali menghilangkan kandungan kuning telurnya.

Ubi

Ubi jalar baik untuk memberi asupan karbohidrat setelah olahraga intensif. Makanan super ini mengandung 26 gram karbohidrat yang mampu memulihkan persediaan glikogen. Selain itu, ubi juga mengandung serat sehat yang dapat membuat kamu kenyang dalam jangka waktu lebih lama.

Yogurt Greek 

Yogurt dengan jenis ini memang memiliki kandungan protein dan karbohidrat jauh lebih banyak dari yogurt yang biasanya. Selain dapat kamu konsumsi langsung, kamu juga dapat mencampurkan yogurt ini dengan berbagai macam jenis makanan lain seperti sereal atau buah-buahan. 

Salmon

Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu mengurangi peradangan otot setelah olahraga. Lemak sehat ini juga dikenal mampu meningkatkan pembakaran lemak. Kamu juga bisa menambahkan minyak zaitun  dalam satu porsi ikan salmon untuk meningkatkan dosis lemak sehat.



Video Terkait