Banyak Manfaat, Begini Cara Pembuatan Teh Herbal dari Daun Mangga

Ilustrasi teh daun mangga (Freepik)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Minggu, 16 Januari 2022 | 10:30 WIB

Sariagri - Buah mangga memiliki rasa yang manis dan tekstur lembut. Di dalamnya terkandung banyak vitamin C yang baik untuk tubuh.

Namun tidak hanya buahnya saja, tetapi daun mangga juga bisa dikonsumsi dan memiliki banyak manfaat. Daunnya secara khusus dipercaya dapat membantu mengobati diabetes dan kondisi kesehatan lainnya.

Saat dimasak, daunnya bisa menjadi sangat empuk. Nilai gizi yang ada di dalamanya juga sangat banyak. Pakistan Journal of Pharmaceutical Science mengatakan, bahwa daun mangga dari spesies tertentu, telah digunakah oleh masyarakat Cina.

Hal ini telah dilakukan selama ribuan tahun, karena dipercaya memiliki efek penyembuhan yang sangat ampuh. Selain daun, ada juga batang, kulit kayu, akar yang juga digunakan dalam pengobatan tradisional.

Saat ini pemanfaatan daun mangga bisa dirasakan setelah diolah menjadi teh. Tidak perlu susah-susah mencarinya, daun mangga sudah banyak tersedia dalam bentuk suplemen herbal. Namun, jika ingin mengolahnya secara alami, sebaiknya mengonsumsi daun mangga sebagai jamu atau teh herbal.

Cara membuat minuman daun mangga cukup mudah. Siapkan 10–15 lembar daun mangga yang masih muda dan segar. Lalu rebus daun di dalam 150 ml air, lalu tunggu hingga airnya mendidih. Setelah itu, saring air rebusan daun mangga. Jika sudah dingin, minum sampai habis.

Baca Juga: Banyak Manfaat, Begini Cara Pembuatan Teh Herbal dari Daun Mangga
Intip Manfaat Teh Putih, yang Bisa Cegah Osteoporosis dan Lawan Sel Kanker

Namun, perlu diingat bahwa berbagai klaim manfaat daun mangga tersebut masih terbatas pada studi laboratorium berskala kecil. Oleh karena itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut agar dapat dipastikan keamanannya saat digunakan atau dikonsumsi oleh manusia.

Bagi sebagian orang yang memiliki masalah kesehatan tertentu, misalnya gangguan fungsi ginjal atau hati, sebaiknya hindari konsumsi daun mangga atau bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter, agar tidak menimbulkan masalah tertentu pada kesehatan. 

Video Terkait