Intip Manfaat Teh Putih, yang Bisa Cegah Osteoporosis dan Lawan Sel Kanker

Ilustrasi teh putih. (foter)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Arif Sodhiq - Sabtu, 15 Januari 2022 | 11:00 WIB

Sariagri - Indonesia sangat kaya sumber daya alam, salah satu diantaranya adalah kebun teh. Hasil olahan daun tersebut sering kita rasakan dalam bentuk minuman teh.

Ada dua jenis teh yang biasa dikonsumsi, diantaranya adalah teh hijau dan teh putih. Pada dasarnya kedua jenis teh tersebut, berasal dari tanaman yang sama, yakni tanaman Camellia sinensis.

Perbedaan keduanya hanya terletak dari metode pengolahan yang digunakan. Teh putih merupakan teh yang dihasilkan dari daun teh termuda yang masih menggulung di bagian pucuk pohon teh.

Faktor inilah yang membuat teh putih menghasilkan rasa dan aroma yang unik sehingga terasa lebih nikmat. Selain itu harga yang ditawarkan juga relatif mahal.

Berdasarkan hasil penelitian mengungkapkan, teh putih memang terbukti lebih sehat dibandingkan dengan jenis teh lainnya. Pasalnya kandungan antioksidan berupa polifenol dan katekin di dalam teh putih, jumlahnya tiga kali lebih banyak. Hal ini tentu saja memberi manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut penjelasan lengkap mengenai manfaat dari teh putih:

1. Mencegah obesitas

Menurut peneliti, ekstrak teh putih bisa membantu menghancurkan lemak dan menghambat pertumbuhan sel-sel lemak baru di dalam tubuh, sehingga bisa mencegah obesitas atau kelebihan berat badan.

2. Menjaga kesehatan gigi

Teh putih mengandung fluoride, tanin, katekin dan flavonoid. Semua senyawa tersebut berkhasiat menjaga kesehatan gigi. Kombinasi berbagai molekul ini bisa membantu memperkuat gigi dengan melawan bakteri dan gula.

3. Melawan sel kanker

Kandungan antioksidan dalam teh putih jumlahnya sangat banyak. Bahkan terbanyak dari jenis teh lainnya. Kandungan ini sangat baik dalam membunuh dan menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh manusia.

4. Mencegah penyakit jantung

Seperti yang telah disampaikan diatas, teh putih kaya akan flavonoid. Kandungan ini berperan dalam mengencerkan darah, menurunkan tekanan darah, dan juga kolesterol. Hal ini tentu berdampak baik pada kesehatan jantung, karena mampu memperlebar pembuluh darah arteri sehingga peredaran darah menjadi lancar.

5. Melindungi kulit dari sinar ultraviolet

Selain diminum, penggunaan teh putih juga bisa dilakukan dengan mengoleskannya ke permukaan kulit. Cara ini dipercata bisa memperkuat sel kulit sekaligus melindunginya dari sinar matahari yang menyengat.

6. Memerangi kuman dan mencegah infeksi

Kandungan antioksidan tersebut juga berdampak baik dalam memerangi kuman, mencegah infeksi, bahkan mampu menghancurkan organisme penyebab penyakit. Teh putih juga terbukti mampu memerangi kuman lebih signifikan dibandingkan dengan teh hijau.

7. Memperbaiki sel-sel yang rusak

Teh putih mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Teh putih juga sangat efektif untuk mengurangi peradangan pada kulit akibat radikal bebas.

8. Melawan radikal bebas

Selain itu, ia juga mengandung banyak polifel, yakni molekul nabati yang berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh. Antioksidan ini berperan dalam melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Baca Juga: Intip Manfaat Teh Putih, yang Bisa Cegah Osteoporosis dan Lawan Sel Kanker
Waduh! Teh Kemasan Berpotensi Jadi Minuman Haram, Ini Penjelasan Pakar

9. Melindungi otak

Teh putih memiliki kandungan polifenol EGCG, yakni senyawa yang mampu menurunkan risiko berkembangnya penyakit Parkinson dan Alzheimer. Sebagai informasi, kedua hal itu memang menjadi faktor yang bisa meningkatkan munculnya Parkinson dan Alzheimer.

10. Menurunkan risiko osteoporosis

Orang yang usia lanjut terutama wanita, sangat rentan dengan risiko osteoporosis. Hal ini sebenarnya bisa dicegah dengan rutin mengkonsumsi teh putih. Katekin dalam teh putih dapat melawan pengeroposan tulang dan merangsang pertumbuhan tulang.

Video Terkait