Flu Menyerang, Tangkal dengan Berbagai Jenis Teh yang Mampu Hadapi Cuaca Buruk

Ilustrasi minum teh. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Sabtu, 15 Januari 2022 | 06:00 WIB

Sariagri - Belakangan ini sering sekali turun hujan lalu tiba-tiba cuaca menjadi panas tak menentu. Perubahan cuaca yang seperti ini tentu bisa membuat tubuh kita rentan terhadap berbagai penyakit. Salah satu contohnya penyakit flu. 

Saat melawan penyakit flu, tubuh perlu sedikit tambahan cairan yang terbebas dari zat kafein agar tetap terhidrasi. Secangkir teh hangat dapat meredakan sakit tenggorokan dan hidung tersumbat. Melansir healthline.com, meski banyak penelitian yang belum bisa membuktikan bahwa satu teh pun dapat membantu menghilangkan flu biasa.

Namun, banyak dari kita yang sudah membuktikan dan menunjukkan bahwa beberapa ramuan teh herbal dapat meredakan gejala infeksi saluran pernapasan. 

Nah, untuk itu, ini dia beberapa jenis teh yang bisa dicoba sebagai obat rumahan untuk flu biasa:

1. Teh lemon

Perasan air lemon yang dipadukan oleh teh herbal merupakan salah satu cara orang-orang gunakan guna menangkal berbagai jenis penyakit, termasuk flu. 

Terlepas dari popularitasnya, sebagian besar bukti yang mendukung penggunaan teh lemon untuk sakit tenggorokan masih bersifat anekdot. Diketahui lemon mengandung vitamin C yang menutrisi tubuh saat melawan flu atau virus.

2. Teh hijau

Banyak sekali orang yang meyakini jika teh hijau memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Sebuah tinjauan literatur medis tentang teh hijau menunjukkan kandungan antioksidannya yang tinggi.

Bahkan, ada sebuah penelitian dari negeri china yang menyimpulkan bahwa teh hijau memberikan dukungan kekebalan dan membantu mendorong metabolisme yang sehat. Mengenai teh hijau dan pilek, diperlukan lebih banyak penelitian. Meski begitu, teh hijau dapat memberikan energi saat tubuh sedang melawan flu.

Baca Juga: Flu Menyerang, Tangkal dengan Berbagai Jenis Teh yang Mampu Hadapi Cuaca Buruk
Makin Mendunia, Teh Hijau Cina Laris Manis di Pasar Luar Negeri

3. Teh herbal dengan madu

Teh herbal bisa dibuat dari buah-buahan kering, rempah-rempah, atau herbal. Teh herbal secara alami tidak mengandung kafein tidak membuat tubuh terdehidrasi. Sedangkan, madu dapat membantu meredakan batuk saat sedang flu.

Faktanya, madu sekarang direkomendasikan sebagai pengobatan penekan batuk untuk anak-anak di atas usia 1 tahun. Ini karena sebuah penelitian kecil yang menunjukkan madu lebih unggul daripada plasebo untuk anak-anak dengan infeksi saluran pernapasan atas akut. Mengaduk sedikit madu ke dalam teh herbal dapat mengencerkan dahak, meredakan nyeri dan meredakan batuk.

Video Terkait