Benar Gak Sih Makan Timun Sebabkan Keputihan?

Hortikultura - Ilustrasi timun (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Dera - Kamis, 13 Januari 2022 | 10:30 WIB

Sariagri - Makan timun memang memberikan sensasi yang menyegarkan, terlebih ketika disantap dalam kondisi dingin, baik saat dijadikan lalapan maupun dibuat minuman jus. 

Namun sayangnya banyak opini beredar menyebutkan bahwa keputihan terjadi karena makan timun, padahal manfaat timun bisa menghidrasi tubuh, melancarkan pencernaan, menurunkan kolesterol, mencegah diabetes, mengurangi berat badan dan memperkuat tulang.

Timun juga mengandung serat, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, vitamin A, B, C dan K.

Lantas, benakah makan timun sebabkan keputihan?

Sejauh ini juga belum ada penelitian yang menemukan kaitan keputihan dengan makan timun. Sayuran ini justru dinilai cocok untuk menurunkan berat badan karena rendahnya kadar lemak dan kalori. Maka itu tidak perlu ragu untuk makan timun tetapi dalam jumlah yang cukup.

Baca Juga: Benar Gak Sih Makan Timun Sebabkan Keputihan?
Es Timun Serut, Minuman Khas Aceh yang Cocok untuk Menu Buka Puasa

Keputihan menjadi kondisi yang normal terjadi. Meski demikian terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan seperti warna dan bentuk yang tidak biasa saat keputihan.

Hal lain yang diperhatikan seperti keluarnya keputihan disertai dengan vagina yang bau dan gatal atau nyeri.

Ditambahkan situs Kementerian Komunikasi dan Informatika, keputihan bisa terjadi karena sejumlah hal. Namun tidak ada studi yang menghubungkan antara makan timun dengan kondisi tersebut.

Video Terkait