Kacang Merah dan Kulit Pisang Bisa Disulap Jadi Minuman Prebiotik Pengganti Susu Sapi

Ilustrasi kacang merah (Freepik)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 10 Januari 2022 | 14:30 WIB

Sariagri - Tingkat konsumsi susu masyarakat Indonesia sangat tinggi, terutama susu sapi. Namun bagi beberapa orang, susu sapi dapat menyebabkan permasalahan pada pencernaan seperti perut kembung atau diare.

Melihat permasalahan tersebut, empat mahasiswa Prodi Teknologi Pangan, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Jawa Timur melakukan penelitian dan pengembangkan produk formulasi minuman prebiotik tinggi protein berbasis kacang merah dan kulit pisang. 

Keempat mahasiswa tersebut yakni Rezqia Achirul 'Ainin, Cindy Wiranti, Ilmi Nafia Saida, dan Wida Ayunindya dari. Salah satu anggota tim, Rezqia Achirul 'Ainin, mengatakan susu sapi memiliki  kandungan laktosa di dalamnya. Laktosa merupakan disakarida gabungan glukosa dan galaktosa.

Pada beberapa keadaan, tubuh tidak dapat mencerna laktosa di dalam usus. Akibatnya, mengonsumsi susu sapi dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare atau perut kembung.

“Keadaan tersebut biasanya dikenal dengan nama laktosa intoleran. Dari semua kasus laktosa intoleran di Indonesia, 70% kasus di alami oleh anak-anak,” ujar Juru Bicara tim, Rezqia Achirul 'Ainin dalam rilis yang dibagikan kepada Sariagri, Senin (10/1/22).

Mengatasi lakstosa intoleran tersebut, lanjutnya, ia dan tim menggabungkan sari kacang merah dan kulit pisang dalam minuman prebiotiknya. Kacang merah dipilih karena memiliki karateristik yang mirip dengan susu sapi. Selain itu, dibanding kacang-kacangan lain, kandungan gizi kacang merah lebih seimbang baik itu kandungan protein, lemak dan juga serat.

Sementara itu, penambahan kulit pisang dalam minuman prebiotik ini bertujuan untuk menggantikan posisi laktosa yang bermasalah di produk susu sapi. 

“Kulit pisang juga mengandung inulin yang memiliki sifat prebiotik. Dengan adanya prebiotik pada kulit pisang tersebut dapat memberikan dampak baik bagi bakteri probiotik di dalam perut. Secara alamiah, probiotik tersebut dapat mengatasi permasalahan sakit perut seperti diare ataupun perut kembung. Pemilihan kulit pisang  ini juga berfungsi untuk mengurangi permasalahan limbah kulit pisang,” terang mahasiswa Prodi Teknologi Pangan tersebut.

Baca Juga: Kacang Merah dan Kulit Pisang Bisa Disulap Jadi Minuman Prebiotik Pengganti Susu Sapi
Wow! Susu Kuda Ternyata Telah Dikonsumsi Sejak Zaman Perunggu

Hasil penelitian ini diikutsertakan pada Program Kreativitas Mahasiswa bidang Riset Eksakta (PKM-RE) dan mendapat pendanaan dari Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Kesimpuan dari penelitian yang dilakukan selama lima bulan ini menghasilkan pemecahan masalah pencernaan akibat susu sapi, bisa diatasi dengan minuman prebiotik.

“Kami berharap setelah PKM selesai, semoga soft skill dan hard skill bisa lebih terasah sehingga dapat berguna bagi tim kami di masa depan. Kami juga berharap penelitian ini berguna bagi masyarakat terutama di bidang laktosa intoleran,” pungkasnya.