Kerap Dimasak dengan Mi Instan, Ternyata Sawi Berbahaya Jika Dikonsumsi Terus Menerus

Ilsutrasi Sawi (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Nazarudin - Senin, 10 Januari 2022 | 12:20 WIB

Sariagri - Sawi menjadi sayuran yang cukup mudah untuk ditemui masyarakat. Mulai dari mi ayam, bakso, hingga tambahan untuk mi instan. Sayur sawi sendiri mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sayangnya, sayur sawi bisa jadi malapetaka untuk sejumlah orang dengan kondisi kesehatan tertentu. Sayuran hijau satu ini ternyata tidak disarankan dikonsumsi oleh orang penderita gastroesophageal reflux disease (GERD) atau asam lambung.

Penderita GERD sering mengalami mulut terasa asam disertai rasa perih di dada hingga ke tenggorokan. Hal tersebut tentu membuat penderitanya merasa tidak nyaman.

GERD atau penyakit asam lambung disebabkan oleh melemahnya katup atau sfingter yang terletak di kerongkongan bagian bawah.

Pada kondisi normal, katup ini akan terbuka untuk memungkinkan makanan serta minuman masuk menuju lambung dan dicerna. Setelah makanan atau minuman masuk ke lambung, katup ini akan tertutup kencang guna mencegah isi lambung kembali naik ke kerongkongan.

Untuk penderita GERD, katup ini tidak dapat menutup dengan baik. Hal ini mengakibatkan isi lambung yang berisi makanan dan asam lambung naik ke kerongkongan.

Apabila kondisi ini terjadi terus-menerus, lapisan kerongkongan akan mengalami iritasi hingga peradangan dan lama kelamaan menjadi lemah.

Gejala yang biasa terjadi pada penderita asam lambung adalah rasa asam atau pahit di mulut dan sensasi perih atau panas terbakar di dada dan ulu hati.

Tidak hanya itu, kondisi terparahnya akan terasa semakin memburuk saat penderita membungkuk, berbaring, atau setelah makan. 

Sawi merupakan salah satu makanan yang menimbulkan gas yang bisa sebabkan gangguan pada lambung. Sehingga, sawi tidak dianjurkan bagi seseorang penderita mengkonsumsi makanan yang dapat memicu timbulnya gas.

Selain sawi beberapa sayuran lain juga tidak disarankan dikonsumsi seperti kol, nangka dan pisang ambon. Untuk ukuran orang normal saja, sayuran sawi dan kol dapat membuat perut terasa penuh dan begah.

Baca Juga: Kerap Dimasak dengan Mi Instan, Ternyata Sawi Berbahaya Jika Dikonsumsi Terus Menerus
Biasanya Tidak Disukai Anak-anak, Pangeran Louis Justru Suka Sayur Ini

Jadi dapat dibayangkan mengkonsumsi sayuran ini dapat memicu asam pada lambung naik. Namun jika kamu ingin mengkonsumsinya, pastikan tidak memakannya terlalu banyak.

Atau jika ingin lebih detail mengenai berapa banyak jumlah sayur sawi yang bisa Anda konsumsi, Anda bisa menanyakannya pada ahli gizi atau dokter.