Survei: 60 Persen Konsumen Milenial dan Gen Z Inginkan Cokelat Nabati

Ilustrasi cokelat. (pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 7 Januari 2022 | 12:50 WIB

Sariagri - Konsumen Milenial dan Gen Z ternyata menginginkan lebih banyak makanan nabati, khususnya cokelat bebas susu. Studi ini dilakukan oleh pembuat cokelat Swiss Barry Callebaut, yang menilai perubahan sikap pembeli di seluruh Eropa, AS, dan Australia.

Studi dilakukan melalui survei terhadap lebih dari 3.200 peserta berusia antara 18 dan 75, dimana 42 persen responden adalah Milenial atau Gen-Z, berusia antara 18 dan 44. Hasil survei menyebutkan, 60 persen dari mereka mengungkapkan ekspektasi produk cokelat nabati.

Pergeseran prioritas

Barry Callebaut sebelumnya telah melakukan penelitian serupa di Eropa, pada 2020. Hasilnya, hanya 25 persen responden yang mengonsumsi cokelat vegan atau nabati, namun pada akhir tahun 2021, angka konsumsi ini meningkat menjadi 64 persen.

Ada beberapa alasan konsumen beralih ke makanan bebas susu ini antara lain soal kesehatan, rasa, dan pola makan, namun 12 persen diantaranya karena alasan alergi.

"Pada 2020, kami melakukan penelitian serupa dan permintaan untuk camilan nabati secara signifikan lebih rendah," ujar Sofia Popova, Direktur Pemasaran EMEA di Barry Callebaut kepada FoodIngredientsFirst, seperti dikutip greenqueen.com.hk.

Menurutnya, rasa dan variasi merupakan alasan utama konsumen muda memilih makanan nabati. Flexitarian sejauh ini merupakan kelompok terdepan yang mendorong permintaan makanan ”berbasis tanaman”.

Saat memberi label, klaim bebas laktosa dan produk susu tidak banyak mempengaruhi konsumen. Hanya 16 persen yang melaporkan label ini sebagai tambahan yang menarik. Tapi label "berbasis tanaman" secara luas dianggap sebagai label yang paling menarik dan inklusif.

Uang berbicara

Masalah harga tampaknya menjadi batu sandungan utama untuk penyerapan pasar cokelat nabati secara global. Studi tersebut mengungkapkan bahwa hanya sepertiga dari mereka yang disurvei bersedia membayar lebih untuk membeli coklat bebas susu.

Dari kelompok tersebut, konsumen muda lebih bersedia untuk membelanjakan uang, terutama di Inggris. Sebanyak 42 persen peserta Milenial dan Gen Z mengatakan tidak masalah menambah uang jajan untuk membeli cokelat nabati yang baik.

Masalah lain adalah soal rasa. Studi tersebut mengungkapkan, 69 persen konsumen muda di Inggris yang disurvei menginginkan variasi tekstur dan rasa cokelat bebas susu yang lebih banyak .



Pasar produk cokelat

Baca Juga: Survei: 60 Persen Konsumen Milenial dan Gen Z Inginkan Cokelat Nabati
Perangi Obesitas, Spanyol Akan Melarang Iklan Makan dan Minuman Tidak Sehat



Peningkatan pilihan cokelat berbasis tanaman atau vegan tidak mungkin diabaikan. Dalam 12 bulan terakhir, banyak merek besar telah merilis cokelat batangan nabati. Mars telah meluncurkan cokelat bar Bounty dan Topic pada akhir Januari 2021. Cadbury meluncurkan Plant Bar pada November 2021 dan produk ini terbukti populer. Selanjutnya, Lindt mengumumkan peluncuran dua batang cokelat susu vegan dengan merk Veganuary.

Video Terkait