Kurangi Limbah, Kota Ini Daur Ulang Sisa Roti jadi Pakan Hewan

Ilustrasi - Limbah roti siap didaur ulang.(Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Jumat, 7 Januari 2022 | 11:15 WIB

Sariagri - Makanan yang terbuang tidak sampai ke anjing, demikian bunyi sebuah ungkapan. Tetapi makanan sisa itu menemukan jalannya ke perut anjing penghuni Istanbul, TUrki bersama kucing dan hewan lainnya melalui program daur ulang.

Distrik Zeytinburnu menemukan cara baru untuk mengatasi limbah makanan atau lebih tepatnya limbah roti yang menjadi masalah umum di negara di mana sekitar 6 juta roti dibuang setiap hari. Setiap minggu, distrik mengumpulkan sekitar setengah ton roti dan memprosesnya menjadi makanan daur ulang untuk hewan dan ternak.

Tempat sampah khusus disiapkan untuk membuang roti basi. Sisa makanan ditempatkan di seluruh distrik, dengan tanda centang sisa makanan terpampang jelas di sana. Pejabat lokal mengatakan program itu bertujuan untuk mengumpulkan roti dan meningkatkan kesadaran tentang masalah ini di masyarakat.

Meski roti, salah satu makanan pokok paling banyak dikonsumsi di Turki, tetapi warga di negara ini membuang lebih dari 2 miliar roti setiap tahun. Pada 2013 Turki meluncurkan kampanye untuk mengendalikan limbah roti dan berhasil menguranginya 18% setiap tahun.

Distrik Zeytinburnu baru-baru ini bergabung dengan program yang mendukung Proyek Zero Waste itu untuk meningkatkan daur ulang nasional di semua bidang. Lebih dari 280.000 penduduk distrik ini dapat meninggalkan sisa roti basi di tempat sampah khusus di 45 lokasi.

Setiap minggu, petugas mengumpulkan roti dari tempat sampah, membersihkan dan mengirimnya ke pabrik untuk diproses. Limbah roti didaur ulang menjadi beragam jenis makanan hewan dan pakan ternak.

Distrik ini berencana mengumpulkan limbah roti dari hotel, restoran, asrama dan aula bisnis besar. Walikota Zeytinburnu Mer Arısoy memprakarsai proyek itu atas permintaan beberapa warga dan melihat permintaan yang besar.

"Dalam satu setengah bulan terakhir saja, kami mengumpulkan 2,5 ton (5.511,46 pon) roti basi. Mereka didaur ulang dan menjadi total 100 kilogram makanan untuk hewan. Kami tentu menghargai daur ulang tetapi yang lebih penting bagi kami adalah agar orang tidak membuang makanan, terutama roti," ujarnya kepada Anadolu Agency (AA). Baca Juga: Kurangi Limbah, Kota Ini Daur Ulang Sisa Roti jadi Pakan Hewan
Ternyata Lalat Tentara Hitam Cocok Sebagai Alternatif Pakan Ternak



Dia mengatakan orang menjadi lebih berhati-hati dalam membuang roti ke tempat sampah dan memuji proyek semacam itu yang memberi kesempatan membuang sisa roti dengan mudah untuk tujuan daur ulang.

Yılmaz Yaşar, penduduk Zeytinburnu yang biasa mengumpulkan roti basi dari lingkungan sekitar bersama teman-temannya untuk pakan burung camar dan ikan. Dia memuji upaya pemerintah kota dan berharap bisa menjadi contoh negara lain.

“Saya berharap ini menjadi contoh bagi kota-kota lain,” pungkasnya. 

Video terkait:

Video Terkait