Pertama di Dunia, Restoran Ini Sajikan Burger Vegetarian Menggunakan Koki Robot

Ilustrasi robot pada sebuah makanan. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 6 Januari 2022 | 14:40 WIB

Sariagri - Israel dikenal sebagai salah satu surga bagi kaum vegan atau vegetarian. Untuk memenuhi kebutuhan kaum vegan, sebuah restoran cepat saji negara itu menyajikan steak vegetarian yang dibuat dan dimasak oleh robot. Lewat layanan ini, pelanggan dapat menyesuaikan bahan dan waktu memasak sesuai dengan selera mereka.

“Ini pertama kalinya sebuah mesin membuat hamburger yang dipersonalisasi dengan sendirinya,” kata Racheli Vizman, CEO SavorEat, sebuah perusahaan rintisan Israel yang berspesialisasi dalam alternatif daging.

Dengan koki robot ini, ujar Vizman, pelanggan dapat menggunakan aplikasi untuk memilih jumlah protein atau lemak nabati dalam “steak” mereka, serta ukuran dan cara memasaknya. "Koki robot" berukuran oven besar ini juga dapat membuat tiga steak berbeda secara bersamaan, meskipun untuk pembuatan burger masih dibantu staf manusia.

"Ini mencampur bahan-bahan termasuk kacang-kacangan, kentang dan buncis untuk menciptakan tekstur yang “menyerupai daging asli”, kata Vizman, yang memulai bisnis pada 2018 bersama dengan dua profesor dari Universitas Ibrani Yerusalem.

Melansir Malay Mail, Vizman mengaku steak di restoran BBB yang terletak di kota pesisir Herzliya ini dimasak dalam beberapa menit dan tidak mengandung protein hewani serta halal. “Kami berharap dapat menanggapi keinginan para vegetarian, vegan, dan flexitarian,” yang sesekali makan daging, kata Ahuva Turgeman dari BBB.

Baca Juga: Pertama di Dunia, Restoran Ini Sajikan Burger Vegetarian Menggunakan Koki Robot
Viral Nasi Goreng Robot Malang, Dibaliknya Ada Kisah Tragis



Menurut SavorEat, sekitar lima persen orang Israel mengatakan mereka vegan dan pasar untuk alternatif daging terus meningkat.

Video Terkait