Apakah Konsumsi Telur Bisa Turunkan Berat Badan? Ini Jawabannya

Ilustrasi telur (Pexels)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 5 Januari 2022 | 11:45 WIB

Sariagri - Permasalahan berat badan bisa menjadi permasalahan yang serius, seseorang bisa tertekan karena keinginannya tidak tercapai.  Umumnya kelebihan berat badan yang menjadi sumber masalahnya.

Seseorang bisa menjadi depresi, bahkan menganggap berat badan yang ia miliki menjadi momok menakutkan baik karena penilaian orang, atau ada goal tertentu yang dikejar.

Jalan untuk permasalahan berat badan ialah penurunan berat badan, tapi kita ketahui bersama bahwa hal ini tidaklah mudah. Banyak yang melakukan diet sana sini, mulai dari diet yang ketat hingga diet ringan namun terkadang berat badan yang mereka inginkan tidak tercapai. 

Meskipun ada banyak faktor yang berkontribusi pada penambahan berat badan, ternyata cara paling mudah penurunan berat badan adalah dengan mengurangi asupan kalori harian, atau  memuaskan rasa lapar disaat harus defisit kalori. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengonsumsi makanan berprotein tinggi yang membuat kenyang lebih lama.

Siapa sangka, ternyata dengan mengkonsumsi makanan yang satu ini bisa membantu permasalahan berat badan kalian lho. Ya Telur, Telur tinggi protein, dengan sekitar 6 gram per telur besar adalah jawabannya.

Mungkin banyak yang menganggap mengonsumsi telur tidak baik bila dilihat dari kolestrol yang tinggi. Namun penelitian menunjukkan bahwa telur  dapat membantu untuk menurunkan berat badan, karena merupakan pilihan makanan yang berprotein tinggi dan mudah membuat kenyang.

Telur memiliki manfaat dan nutrisi yang rendah kalori dan bergizi, Natalie Rizzo, seorang ahli diet terdaftar di New York City mengatakan bahwa “ Telur adalah protein berkualitas tinggi dan mengandung berbagai macam vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin D, vitamin B, dan folat," Satu telur berukuran besar hanya mengandung sekitar 74 kalori, namun kandungan nutrisinya sangat tinggi. Kuning telur sangat bergizi berdasarkan 1Trusted.

Cara terbaik untuk mengonsumsi telur saat proses menurunkan berat badan ialah dengan merebusnya dan menambahkan porsi sayuran yang berlimpah, bersama dengan sumber serat dan lemak seperti irisan alpukat, dengan cara ini kita bisa mendapatkan makanan lengkap dengan 500 kalori. Ingatlah bahwa jika menggoreng telur dalam minyak atau mentega, sama dengan menambahkan sekitar 50 kalori.

So, buat kalian yang lagi berusaha untuk menurunkan berat badan gak ada salahnya mencoba cara ini. Tapi ingat berat badan berlebih bukan berarti tidak cantik.

Baca Juga: Apakah Konsumsi Telur Bisa Turunkan Berat Badan? Ini Jawabannya
Jangan Sampai Salah, Ini 3 Kunci Diet untuk Menurunkan Berat Badan dan Tingkatkan Kesehatan

Karena kecantikan lahir dari dalam. Bahkan di Kerajaan Tonga, standar wanita yang dianggap cantik ialah wanita yang bertubuh gemuk. Jadi ini merupakan preferensi atau pandangan seseorang terhadap cantik itu sendiri bukan dikarenakan berat badannya.

Hal terpenting ialah tubuh tetap tercukupi dengan nutrisi dan kalori yang seimbang, dan jangan lupa tetap disertai minum air putih. Beauty is health!  

Video Terkait