Duh, Makan Roti Bisa Picu Pemanasan Global?

Ilustrasi roti tawar. (Freepik)

Editor: Dera - Selasa, 4 Januari 2022 | 20:20 WIB

Sariagri - Roti merupakan jenis makanan yang mudah kita temui di mana saja dan kerap dianggap sebagai pengganti karbohidrat.

Tak heran jika makanan mengenyangkan ini sangat popular di dunia, bahkan di Inggris penjualan roti diperkirakan setiap hari nya mencapai 12 juta. Tingginya minat masyarakat makan roti ternyata bisa berdampak buruk bagi lingkungan.

Sebuah studi di University of Sheffield pada 2017 menghitung dampak limbah dari lingkungan produksi roti yang ternyata banyak menyumbang gas rumah kaca. Ditemukan bahwa sepotong roti memancarkan sekitar ½ kg karbon dioksida. Penelitian menunjukkan bahwa pupuk ammonium nitrat menyumbang hampir 43% dari emisi Gas Rumah Kaca (GRK).

Sebagai konsumen, mungkin banyak masyarakat yang tidak menyadari dampak lingkungan yang terkandung dalam makanan tersebut.  Dr Liam Goucher mengatakan, hasil penelitannya menunjukan di setiap roti terdapat pemanasan global yang diakibatkan dari pupuk yang diterapkan ke ladang petani untuk meningkatkan panen mereka.

Dampak makan roti terhadap lingkungan

Langkah yang tepat ialah mengurangi jumlah roti yang terbuang atau kadaluarsa, karena sekitar 24juta potong roti terbuang di Inggris setiap harinya.

Hal ini disebabkan banyak orang yang tidak mengonsumsi roti mereka tepat waktu. Hampir 1/3 rumah tangga Inggris mengakui bahwa akhirnya mereka membuang makanan roti kadaluarsa sedikitnya 3 potong roti setiap minggu.

Dilansir dari Newscientist.com pertanian organic ternyata jauh lebih banyak menggunakan lahan untuk satu roti dibanding pertanian konvensional. 

Baca Juga: Duh, Makan Roti Bisa Picu Pemanasan Global?
Pemanasan Global Diprediksi Mengancam Ketahanan Pangan Cina

Dampaknya mungkin belum terlihat saat ini, namun bila terus menerus terjadi, maka lingkungan pun semakin rusak. Oleh karena itu, kita sebagai konsumen harus memiliki kebijakan dalam memakai barang yang kita konsumsi, salah satunya makan roti. 

Roti merupakan kebutuhan pangan siapa sangka bila dari roti ternyata lingkungan terpengaruh. So, gak ada salahnya kita bersikap bijak dari sekarang untuk hasil yang akan kita tuai kedepannya.

Video Terkait