Potensi Ekspor Menjanjikan, 17 Ton Gula Semut Asal Semarang Dikirim ke Argentina

Gula semut asal Semarang akan diberangkatkan ke Argentina. (Barantan)

Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 4 Januari 2022 | 11:45 WIB

Sariagri - Produksi gula semut yang merupakan produk turunan dari gula aren semakin meluas ke wilayah Jawa Tengah. Seiring berkembangnya teknologi digital produksi gula semut Indonesia bisa memenuhi pasar lokal maupun internasional.

Kepala Karantina Pertanian Semarang, Parlin Robert Sitanggang mendorong petani agar lebih produktif dan berinovasi sehingga bisa terus meningkatkan kualitas hasil panen serta siap berdaya saing memasok kebutuhan pasar global.

"Potensi ekspor si cokelat manis ini kian menjanjikan sehingga perlu dukungan dari berbagai pihak sehingga dapat mendukung gerakan tiga kali lipat ekspor secara berkelanjutan," ujarnya seperti dikutip dari Badan Karantina Pertanian (Barantan), Selasa (4//1/2022).

Baru-baru ini 17 ton gula semut asal Semarang dengan nilai ekonomi Rp450 juta dilakukan rangkaian tindak karantina sebelum diberangkatkan ke negara tujuan Argentina.

Tindakan karantina itu di antaranya pemeriksaan fisik dan kesehatan yang dilakukan Pejabat Karantina Pertanian Semarang, Samid. Dia mengatakan pemeriksaan untuk memastikan komoditas itu aman dikonsumsi dan memenuhi persyaratan negara tujuan.

Samid menambahkan gula semut itu telah bebas dari Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina dan siap dikirim ke Argentina.

Sementara itu, Sub Koordinator Substansi Karantina Tumbuhan, Karantina Pertanian Semarang, Cisilia Triwidiyanti mengatakan selama pandemi kebutuhan gula semut di pasar lokal semakin tinggi.

Dia menyebutkan saat ini gula semut telah rutin memasok kebutuhan pasar di beberapa negara seperti Argentina, Australia, Belgia, Brasil, Kanada, Chile, Prancis, Jerman, Tiongkok, Israel, Italia, Peru, Jepang dan lainnya.

Baca Juga: Potensi Ekspor Menjanjikan, 17 Ton Gula Semut Asal Semarang Dikirim ke Argentina
Potensi Ekspor Menjanjikan, 17 Ton Gula Semut Asal Semarang Dikirim ke Argentina

Untuk diketahui, gula semut merupakan gula merah versi bubuk dan kerap disebut sebagai gula kristal. Karena bentuknya mirip dengan rumah semut yang bersarang di tanah, maka dinamakanlah gula semut.

Gula semut terbuat dari nira pohon kelapa atau pohon aren, secara umum gula semut kadang disebut sebagai palm sugar atau palm zuiker.

Video terkait:

Video Terkait