Teh Pu-erh, Teh Asal Cina yang Efektif Turunkan Gula Darah

Ilustrasi teh Pu-erh. (Pixabay)

Editor: Dera - Rabu, 29 Desember 2021 | 13:00 WIB

Sariagri - Teh pu-erh adalah jenis teh fermentasi unik yang dibuat secara tradisional di Provinsi Yunnan, Cina. Hasil penelitian membuktikan bahwa minum teh pu-erh, memiliki dampak signifikan pada kontrol gula darah.

Melansir dari express.co.uk, para peneliti melakukan meta-analisis untuk menyelidiki efek anti-hiperglikemik (gula darah) dari teh ini. Meta-analisis ini membandingkan temuan dari beberapa penelitian dalam upaya untuk menarik kesimpulan yang lebih seimbang.

Basis data bahasa Inggris dan tiga basis data Tiongkok dianalisi secara sistematis hingga 31 Juli 2018. Basis data tersebut dicari untuk mengidentifikasi studi yang mengandung kata kunci "Pu-erh", "Pu'er", "gula darah", "glukosa darah" dan "hiperglikemia".

Tinjauan sistematis mengumpulkan dua studi tikus dengan enam belas catatan untuk meta-analisis. Hasil meta-analisis menunjukkan bahwa teh ini memiliki efek antihiperglikemik yang "signifikan" pada tikus.

Terlebih lagi, teh pu-erh tampaknya mengurangi glukosa darah puasa selama periode intervensi yang lebih lama. Glukosa darah puasa mengukur gula darah kamu setelah puasa semalaman (tidak makan). Para peneliti menyimpulkan, dosis pu-erh yang lebih tinggi terbukti menurunkan glukosa darah puasa secara lebih signifikan.

Proses pembuatan teh pu-erh 

Mengutip cupandleaf.com, teh pu-erh dibuat dari daun tanaman Camellia Sinensis yang telah dioksidasi. Teh ini terdiri dari dua kategori pu-erh mentah dan pu-erh tua.

Baca Juga: Teh Pu-erh, Teh Asal Cina yang Efektif Turunkan Gula Darah
5 Manfaat Menakjubkan Minum Teh Hitam bagi Kesehatan Tubuh

Teh pu-erh mentah mengalami proses produksi yang mirip dengan teh hijau. Daun dipanen, layu, dan kemudian dipanaskan untuk mencegah oksidasi. Proses yang dikontrol dengan hati-hati memungkinkan daun menua seperti anggur berkualitas.

Seiring bertambahnya usia daun, teh mengalami proses oksidasi alami. Daun teh ini biasanya berumur 10 hingga 15 tahun. Teh pu-erh dengan kualitas tertinggi dapat berumur hingga 50 tahun. 

Video Terkait