5 Manfaat Menakjubkan Minum Teh Hitam bagi Kesehatan Tubuh

Ilusrtasi teh hitam (Pixbay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tim Redaksi - Senin, 27 Desember 2021 | 22:30 WIB

Sariagri - Teh merupakan salah satu minuman favorit sebagian banyak orang di seluruh dunia. Minuman satu ini memiliki berbagai jenis varian yang berbeda, seperti teh hijau, putih dan hitam yang memiliki ragam manfaat masing-masing.

Salah satu jenis teh yang paling mudah untuk ditemui adalah teh hitam. Teh jenis satu ini berasal dari tanaman Camellia sinensis dan sering dicampur dengan tanaman lain seperti Earl Grey. Lantas, apa saja manfaat mengonsumsi teh hitam?

Berikut 5 manfaat teh hitam bagi kesehatan, dikutip dari Mag fo Women.

1. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Polifenol yang terkandung dalam teh hitam merupakan jenis zat antioksidan yang sangat baik untuk melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Selain itu, polifenol juga mampu mencegah kerusakan DNA dan memperpanjang usia.

2. Melindungi Kesehatan Jantung

Minum teh hitam mampu melindungi kesehatan jantung secara keseluruhan. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang rajin minum teh hitam rutin setiap hari akan berkurang risikonya terkena penyakit jantung dan stroke sebanyak 20 persen.

3. Cegah Kanker

Polfenol catechin yang terkandung dalam teh hitam membantu tubuh dalam mencegah jenis kanker tertentu. Tak hanya itu, bagi wanita yang rajin minum teh hitam juga dapat terhindari dari risiko kanker ovarium

Baca Juga: 5 Manfaat Menakjubkan Minum Teh Hitam bagi Kesehatan Tubuh
Kenali 5 Khasiat Minum Teh Hijau dengan Lemon untuk Kesehatan Tubuh

4. Turunkan Risiko Diabetes

Konsumsi teh hitam secara teratur diyakini dapat menurunkan risiko penyakit diabetes. Tentu saja hal ini bisa terjadi jika kamu tidak menggunakan gula pada minumanmu.

5. Perkuat Gigi dan Tulang

Adanya kandungan fitokimia dalam teh hitam mampu memperkuat tulang dan gigi. Kandungan tersebut juga diketahui mampu mengurangi risiko penyakit arthritis.

Video Terkait