Catat! 6 Fakta Berbahaya Mengonsumsi Minyak Ikan yang Perlu Diketahui

Ilustrasi Minyak Ikan (Pixabay)

Editor: Reza P - Sabtu, 25 Desember 2021 | 10:00 WIB

Sariagri - Salah satu cara tubuh mendapatkan omega-3 adalah dengan cara mengonsumsi berbagai jenis ikan, seperti tuna, salmon, dan halibut.

Namun, sebenarnya tidak hanya ikan saja, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan omega-3 untuk tubuh dari mengonsumsi berbagai suplemen yang mengandung minyak ikan yang dijual dipasaran.

Omega-3 diketahui sangat berguna dalam meningkatkan kesehatan jantung, pembuluh darah, mengatasi rematik sendi, dan banyak lagi manfaat lainnya jika kita rajin mengonsumsi minyak ikan. 

Meski demikian, ada beberapa hal lainnya yang harus diperhatikan dari mengonsumsi minyak ikan, berikut penjelasannya yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Konsumsi minyak ikan berlebih dapat menyebabkan pendarahan

Pendarahan dapat terjadi karena kandungan asam lemak omega-3 yang menekan sistem pembuluh darah. Pendarahan yang dirasakan bisa terjadi begitu saja, apalagi jika dikonsumsi dengan obat pengencer darah.

2. Minyak ikan berpotensi menimbulkan pelapukan tulang

Pada kadar dosis yang tepat, minyak ikan baik untuk pembentukan tulang pada tubuh. Tetapi, jika dikonsumsi berlebih, akan terjadi penumpukan kalsium di area tulang lunak. Hal itu berakibat terjadinya pelapukan tulang yang terjadi lebih cepat. Peristiwa tersebut bisa mengancam anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan tulang.

3. Konsumsi minyak ikan dari suplemen berisiko menyebabkan keracunan vitamin

Suplemen minyak ikan biasanya juga mengandung beragam vitamin. Jika dikonsumsi melebihi kebutuhan vitamin per hari bisa menyebabkan keracunan dan gangguan kesehatan lainnya. Salah satu contohnya adalah kelebihan vitamin A dalam suplemen minyak ikan bisa menyebabkan kerontokan rambut. Ada juga gejala keracunan lain, seperti mual-mual dan sakit kepala.

4. Melemahkan sistem imun tubuh

Sistem kekebalan tubuh atau juga dikenal dengan sistem imun berfungsi mencegah infeksi yang muncul. Masuknya asupan minyak ikan berlebih dalam tubuh bisa mengganggu keseimbangan sistem imun tubuh.

5. Konsumsi minyak ikan bisa menyebabkan alergi

Minyak ikan yang berbentuk suplemen terdiri dari beragam makanan laut. Kamu perlu tahu apa alergi makanan laut. Alergi bisa jadi makin parah jika tidak ditangani dengan baik. Konsumsi minyak ikan pun gak dianjurkan bagi penderita HIV/AIDS karena bisa berdampak pada keseimbangan hormon.

Baca Juga: Catat! 6 Fakta Berbahaya Mengonsumsi Minyak Ikan yang Perlu Diketahui
Rutin Konsumsi Minyak Ikan Bisa Perbaiki Kerusakan Tubuh Akibat Junk Food

6. Kanker pankreas dan kerusakan hati

Konsumsi minyak ikan berlebih bisa menyebabkan kanker pankreas karena stres oksidatif yang merusak DNA dalam tubuh. Sementara, akibat lainnya adalah kerusakan hati karena fungsinya sebagai penetral racun bisa tercampur dengan kandungan minyak ikan yang berlebih dalam tubuh.

Pastikan sudah berkonsultasi dengan dokter jika kamu dirasakan perlu mengonsumsi minyak ikan dalam kadar dosis yang berlebih. Kenali juga jenis minyak ikan dan suplemen yang aman buat dirimu. Jangan sampai konsumsi minyak ikan bukannya bikin kamu makin sehat, malah bikin kamu makin sakit.

Video Terkait