Hempaskan Kolesterol dengan Minuman Alami yang Terbuat dari Buah dan Sayur

Ilustrasi jeruk nipis. (Freepik)

Editor: Dera - Jumat, 24 Desember 2021 | 22:00 WIB

Sariagri - Kolesterol sebenarnya merupakan lemak yang berguna bagi tubuh, namun jika jumlahnya terlalu tinggi bisa membahayakan kesehatan. 

Kolesterol mencakup beberapa komponen yakni kolesterol baik atau HDL (high density lipoprotein) dan kolesterol jahat atau LDL (low density lipoprotein), trigliserida dan kolesterol total.

Atasi kolesterol yang terlalu tinggi, kamu bisa mencoba beberapa minuman sehat yang terbuat dari buah dan sayur berikut ini

Es Timun Serut

Minuman ini kerap menjadi pilihan saat kita menyantap makanan dengan kandungan lemak yang tinggi. Ternyata selain menyegarkan, timun kaya akan serat yang bisa meluruhkan LDL berlebih pada saluran pencernaan. Timun juga kaya akan antioksidan yang bisa menurunkan kadar LDL.

Es Jeruk Nipis

Senyawa limonin pada jeruk nipis disebut-sebut bisa menurunkan kadar LDL dalam tubuh. Selain itu ada pula senyawa hesperidin yang juga befungsi mengurangi kolesterol.

Teh Hijau

Teh hijau tidak mengalami proses fermentasi sehingga zat-zat yang ada di dalamnya belum mengalami perubahan. Proses pembuatannya yang tidak terlalu panjang menyebabkan teh hijau memiliki kandungan catechin dengan sifat sebagai antioksidan yang salah satu gunanya membantu menurunkan tingginya kadar kolesterol.

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa pemberian teh hijau dapat menurunkan tingkat LDL pada masyarakat berusia kisaran 46 tahun hingga 55 tahun, serta wanita dengan masalah obesitas.

Jus Nanas

Dalam 100 gram nanas terdapat sekitar 2,3 gram serat. Serat dalam hal ini berperan menurunkan kadar LDL. Sementara itu kandungan bromelain dalam nanas membantu tubuh memecah plak LDL yang menyumbat pembuluh darah.

Baca Juga: Hempaskan Kolesterol dengan Minuman Alami yang Terbuat dari Buah dan Sayur
Benarkah Pria yang Banyak Makan Buah dan Sayur Memiliki Risiko Rendah Terkena Kanker Prostat?

Jus Tomat

Tomat mengandung likopen yang berperan sebagai antioksidan. Penyerapan likopen oleh tubuh akan lebih baik ketika tomat diolah menjadi jus. Likopen mengatur metabolisme kolesterol dengan menghambat enzim HMG-KoA reduktase (enzim yang berperan dalam sintesis kolesterol di hepar). Zat tersebut juga meningkatkan degradasi kolesterol LDL atau kolesterol jahat.

Untuk mengontrolnya,  tentunya tak hanya dengan menerapkan pola makan yang seimbang melainkan juga melakukan olah raga yang teratur.

Video Terkait