Baru Tahu, Warna Piring Ternyata Bisa Mempengaruhi Nafsu Makan Loh

Berita pangan - ilustrasi makanan sehat (pixabay)

Penulis: Dera, Editor: Tim Redaksi - Jumat, 24 Desember 2021 | 10:15 WIB

Sariagri - Sebuah unggahan akun pemilik kafe @kaepijangcafe membuktikan bahwa warna piring ternyata mampu mempengaruhi nafsu makan seseorang. Ia mengatakan bahwa menggunakan piring hitam akan memuat nafsu makan lebih terkontrol.

"Aku mau share tipsnya ke kalian, yang pertama kalau pakai piring berwarna hitam akan lebih terlihat kontras dan pop up. Terus porsinya juga terlihat lebih banyak lho padahal jumlahnya sama dengan di piring putih," kata akun tersebut.

Sementara itu, piring warna putih justru akan membuat makanan sedikit, meskipun porsi makannya sama seperti piring warna hitam.

"Kalau makan pakai piring warna putih kita merasa porsinya gak cukup," ucapnya.

Dikaitkan dengan psikologi warna makanan, pakar diet Dr Brian Wansink dari Cornell University's Food & Brand Lab, AS, menjelaskan bahwa warna di sekitar tempat makan sangat memengaruhi porsi makan dan nafsu makan, seperti dilansir dari forbes.

Warna yang dimaksud adalah dinding ruang makan, pencahayaan dari lampu dan warna piring yang digunakan. Ia mengungkapkan bahwa makan di piring hitam akan membuat lebih tanggap pada ukuran porsi makanan.

Baca Juga: Baru Tahu, Warna Piring Ternyata Bisa Mempengaruhi Nafsu Makan Loh
Sosiolog Sebut Pola Makan Anak Dipengaruhi Oleh Pendapatan Orang Tua

Sedangkan makan menggunakan piring cerah seperti warna putih dan tidak ada kontras antara warna piring dan kontras akan membuat porsi makan 18 persen lebih banyak.

Selain warna piring hitam dan putih, ternyata warna lainnya juga mempengaruhi psikologi ketika makan, seperti para piring berwarna pink ucat ataupun abu-abu. Warna-warna tersebut akan membuat makan lebih lambat.

Video Terkait