Mengenal Entung Jati, Makanan Ekstrim yang Berharga Fantastis

Makanan Entung Jati. (Istimewa)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 22 Desember 2021 | 13:30 WIB

Sariagri -  Mungkin tidak semua orang tahu apa itu entung jati. Bagi sebagian masyarakat khususnya di daerah Jawa Tengah dan sekitarnya, kuliner ekstrim ini sudah sangat lekat dengan kehidupan mereka.

Entung jati merupakan kepompong dari ulat yang memiliki nama latin hyblaea puera yakni ulat yang memakan daun jati dan hanya ada pada musim tertentu, biasanya pada saat memasuki musim hujan. 

Meski terbilang ekstrim, makanan tersebut memiliki harga yang cukup fantastis lho. Siapa sangka, ulat yang berwarna coklat kehitaman ini bisa setara dengan harga daging sapi per kilogramnya. 

Hal tersebut dikarenakan entung jati diyakini mempunyai kandungan protein tinggi yang terdapat didalamnya dan kelangkaannya. Sebab, tidak bisa ditemukan kapan saja. Itulah alasan mengapa harga entung jati menjadi cukup mahal. 

Tidak heran jika pada saat musim entung jati ini banyak warga yang menjadikannya mata pencaharian musiman dengan mencari entung lalu kemudian menjualnya kepada pengepul ataupun personal.

Baca Juga: Mengenal Entung Jati, Makanan Ekstrim yang Berharga Fantastis
Ibu-ibu Kerap Mengeluh, Kenapa Masakan Bersantan Cepat Basi?

Masyarakat sekitar yang mengonsumsi entung banyak membuatnya menjadi berbagai olahan, mulai dari dengan hanya membumbuinya lalu langsung menggorengnya, ada pula yang memasaknya dengan santan, menumis dan berbagai olahan kuliner tradisional lainnya ataupun yang lebih modern. 

Meski rasanya enak dan gurih, kamu juga perlu berhati-hati dalam memakannya, terutama bagi yang baru pertama kali mencobanya. Kandungan protein yang sangat tinggi, sering kali menyebabkan makanan ini memicu terjadinya alergi atau gatal-gatal pada beberapa orang dengan daya tahan tubuh tertentu. 

Video Terkait