Jauh Dari Penyakit, Ganti Gula Pasir dengan Gula Palem

Ilustrasi gula palem. (Foto Istimewa)

Editor: M Kautsar - Rabu, 22 Desember 2021 | 11:15 WIB

Sariagri -  Dengan mudah kamu bisa menjumpai berbagai macam makanan manis dari seluruh daerah di Indonesia. Mulai dari yang tradisional sampai yang modern semuanya terasa menggugah selera. 

Jika membahas hidangan manis, tentu tidak dapat dilepaskan dari gula. Dimana ada hidangan manis, disitulah terdapat gula. 

Seiring dengan berkembangnya zaman dan banyaknya penelitian tentang gula saat ini, justru gula dipercaya dapat mengancam kesehatan, terutama gula pasir alias gula tebu. Telah banyak pembahasan yang membicarakan tentang bahaya mengonsumsi gula pasir.

Gula pasir sangat erat kaitannya dengan berbagai penyakit, terutama penyakit diabetes. Dengan demikian, kita perlu alternatif lain untuk mengganti penggunaan gula tebu. Alternatif ini diharapkan bisa membuat tenang ketika mengonsumsi berbagai hidangan manis tanpa dihantui rasa takut.

Alternatif lain yang dapat kamu gunakan untuk mengganti gula pasir adalah gula palem. Pasalnya, gula palem dipercaya lebih aman dan ramah bagi kesehatan. Berikut alasan mengapa kita sebaiknya mengganti penggunaan gula putih dengan gula palem.

Gula aren bisa cegah tulang keropos

Tahukah kamu, kandungan inulin dalam gula palem juga dapat mencegah pengeroposan tulang. Oleh sebab itu, inulin digunakan dalam produk susu instan anak-anak maupun dewasa.

Mencegah kanker usus

Ternyata bakteri baik atau prebiotik tidak hanya terkandung dalam yogurt. Gula palem pun mengandung prebiotik yang disebut inulin. Selain masuk ke dalam golongan prebiotik, inulin juga mengandung karbohidrat dan serat yang baik bagi kamu yang sedang melakukan diet.

Baca Juga: Jauh Dari Penyakit, Ganti Gula Pasir dengan Gula Palem
Dokter Ungkap Bahaya Gula Pasir Anjurkan Berhenti Mengonsumsinya

Asupan inulin sanggup mencegah terjadinya kanker usus. Pasalnya di dalam usus besar inulin akan berubah menjadi asam laktat, dengan adanya asam laktat, gerak peristaltik usus menjadi lancar.

Tingkatkan sistem imun

Menakjubkan, si manis gula palem ini ternyata sanggup meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya gula palem sangat kaya akan kandungan zinc. Meskipun jarang diperbincangkan, kebutuhan tubuh akan zink tidak bisa ditawar.

Jika tidak ada zink, maka enzim-enzim dalam tubuh kita tidak akan bekerja dan kita akan mudah terserang berbagai macam penyakit. Oleh sebab itu, gula palem yang kaya akan kandungan zinc sanggup meningkatkan sistem imun tubuh.