Ini yang Terjadi Pada Tubuh Jika Tidak Sengaja Konsumsi Makanan Berjamur

Ilustrasi roti berjamur (Pixabay)

Editor: Reza P - Sabtu, 18 Desember 2021 | 13:00 WIB

Sariagri - Makanan jika dibiarkan begitu saja tidak akan bertahan lama, tentu akan basi atau bisa jadi menimbulkan jamur. Jamur biasanya akan muncul jika makanan terkena suhu yang hangat dan lembab.

Makanan yang biasanya terserang jamur tersebut di antaranya roti, keju, nasi, kue atau makanan kaleng yang terbuka. Namun jangan khawatir jika kamu tidak sengaja memakan makanan yang berjamur tersebut.

Dilansir dari laman Tasting Table, Sabtu (18/12), menyebutkan bahwa kekebalan tubuh dan sistem pencernaan akan membantu tubuh dari jamur tersebut. Namun yang harus diperhatikan adalah hal itu dapat menangkal jika tubuh tidak memiliki alergi jamur, dan penyakit asam lambung.

Ketika mengonsumsi makanan seperti roti berjamur misalnya, tubuh akan merasa mual atau bahkan muntah, jangan khawatir itu biasanya disebabkan karena rasa jijik yang ditimbulkan oleh tubuh kamu.

Jamur pada makanan tidak 100 persen aman, jamur tersebut dikenal sebagai mikotoksin yang kerap dikaitkan dengan kanker menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Oleh karena itu, jika menemukan makanan yang berjamur sebaiknya dibuang untuk menjaga tubuh tetap aman.

Kementerian Pertanian Amerika Serikat (USDA) mengungkapkan bahwa makanan berjamur terlalu berisiko untuk dikonsumsi. Hal itu berlaku pada makanan yang berjamur seutuhnya maupun makanan yang hanya terkena jamur sebagian saja.

Adapun beberapa makanan yang bisa dimakan meskipun ia berjamur di antaranya keju keras yang tahan lama, daging yang diawetkan, serta buah dan sayuran tertentu.

Baca Juga: Ini yang Terjadi Pada Tubuh Jika Tidak Sengaja Konsumsi Makanan Berjamur
Awas! Makan Bakso Lalu Minum Es Teh Baiknya Dihindari, Ini Penjelasan Ahli

Buah dan sayuran dengan kadar air dan kepadatan rendah seperti wortel atau kubis masih bisa diselamatkan. Namun harus dipastikan agar komoditas tersebut tidak lunak, kemudian potong bagian yang berjamur. Ini juga berlaku untuk keju dan daging, ya.

Tetapi ada baiknya jika menemukan makanan yang terkontaminasi jamur segeralah membuangnya, karena risiko sakit dari bahan makanan tersebut lebih tinggi terjadi pada tubuh.

Video Terkait