Awas! Makan Bakso Lalu Minum Es Teh Baiknya Dihindari, Ini Penjelasan Ahli

Ilustrasi bakso. (pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 15 Desember 2021 | 16:10 WIB

Sariagri - Bakso menjadi makanan favorit semua orang, apalagi jika dinikmati ketika musim hujan. Namun, panganan satu ini tak disarankan secara bersamaan dinikmati dengan es teh.

Bagi pecinta kuliner, makan bakso dan es teh dianjurkan tak dikonsumsi secara bersamaan. Alasannya yaitu karena kandungan gizi keduanya bisa bertabrakan.

Seperti dikatakan ahli gizi, Diajeng Anjalna Gakusha A.Md. Gz, menurutnya beberapa zat gizi yang harus dihindari untuk dimakan bersamaan adalah kafein, tanin, dan zat besi. Dua di antara zat gizi itu terdapat di dalam bakso dan teh.

“Bakso itu tinggi protein dan zat besi, sedangkan di teh itu ada zat gizi yang namanya tanin,” ujar Diajeng.

Apabila mengutip dari Live Strong, zat besi merupakan zat gizi yang berfungsi untuk membantu menyebarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Bahan makanan yang mengandung zat besi tinggi tidak boleh dikonsumsi sembarangan untuk memaksimalkan fungsinya.

Beberapa bahan makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersama dengan makanan tinggi zat besi adalah susu atau produk tinggi kalsium, kopi, teh kakao, makanan kaya serat, dan kacang-kacangan.

“Tanin itu bakal menghambat penyerapan zat besi itu tadi. Makanya kenapa kita dianjurkan saat makan protein itu menghindari konsumsi teh,” tambah Diajeng.

Baca Juga: Awas! Makan Bakso Lalu Minum Es Teh Baiknya Dihindari, Ini Penjelasan Ahli
Dari Remaja Alami Kurang Gizi, Ini yang Terjadi Pada Anak yang Dilahirkan Kelak

Terlebih teh merupakan salah satu bahan makanan dan minuman yang mengandung tanin dalam jumlah tinggi. Alih-alih minum teh usai makanbakso, Diajeng menyarankan untuk meminum air putih saat menyantap makanan tinggi protein.

“Lebih baik minum air putih atau konsumsi minuman tinggi vitamin c, seperti es jeruk atau jus buah karena vitamin c itu temenan dengan zat gizi. Jadi justru meningkatkan penyerapan zat gizi tadi,” tukas Diajeng

Video Terkait