Wajib Tahu! Begini Cara Membedakan Madu Asli dengan Campuran

Ilustrasi madu (Pexels)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 13 Desember 2021 | 13:30 WIB

Sariagri - Madu memang sudah lama dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Maka tak heran, jika madu banyak digunakan untuk pengobatan tradisional di seluruh dunia.

Mengutip dari healthline, madu kaya akan kandungan antioksidan tinggi, seperti flavonoid dan polifenol. Kandungan tersebut disebut berfungsi efektif dalam melawan peradangan di dalam tubuh. Oleh karena itu, madu sangat berperan penting untuk menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh.

Meski demikian, seiring dengan banyaknya permintaan konsumen akan madu, sejumlah orang menawarkan atau menjual madu campuran atau palsu. Untuk membedakannya madu asli dan campuran memang tidak mudah. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa membedakannya.

Begini cara membedakan madu asli dengan campuran, dikutip dari berbagai sumber:

1. Pengujian Rasa

Coba rasakan madu setelah kemasannya dibuka selama beberapa saat. Untuk madu murni akan mengeluarkan rasa yang tidak terlalu manis dengan sedikit aroma bunga. Teksturnya yang sangat kental membuat madu sulit ditelan. Sedangkan madu campuran rasanya akan hilang setelah bercampur dengan udara dan terkadang menyisakan rasa gula dan aroma tambahan.

2. Uji Kejernihan

Madu murni punya warna pekat dan umumnya ada kotoran alami seperti serbuk sari atau sisa bekas rumah lebah yang hancur dalam proses penyaringan. Sementara madu campuran punya warna yang jauh lebih jernih, cair dan bersih.

3. Beri Air

Kamu bisa melakukan pengujian dengan memasukkan satu sendok madu ke dalam gelar berisi air mineral. Madu murni tidak akan mudah tercampur dengan air dan akan tenggelam sampai ke dasar gelas. Sedangkan madu campuran justru akan terlarut dengan air dan cenderung terapung.

Baca Juga: Wajib Tahu! Begini Cara Membedakan Madu Asli dengan Campuran
Ingin Menyimpan Daging Kurban? Ini Tips dari Pakar Ternak UGM

4. Pengujian Kristalisasi

Kamu bisa menguji kristalisasi dengan cara memasukkan madu yang berada dalam wadah kaca ke dalam kulkas. Madu murni yang yang dimasukkan ke dalam kulkas akan tampak seperti mengkristal dan menjadi keputihan. Sementara itu, madu campuran tidak akan membuat endapan kristal, bahkan terlihat sangar cair.

5. Uji Kelengketan

Lakukan uji kelengketan dengan menempelkan madu pada jari tangan selama beberapa menit. Madu murni akan sangat kuat menempel dan sulit dipisahkan, lalu akan meleleh dan terlapas perlahan. Sedangkan madu campuran sangat lengket dan ada bagian yang terus melekat pada jari.

Video Terkait