4 Manfaat Bubuk Cangkang Telur untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Ilustras cangkang telur (Pexels)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Jumat, 10 Desember 2021 | 13:20 WIB

Sariagri - Telur merupakan salah satu menu makanan praktis dan sehat untuk dikonsumsi. Namun tak hanya bagian telurnya saja yang bermanfaat, tetapi juga bagian cangkang atau kulitnya punya segudang khasiat.

Cangkang telur punya kandungan kalsium tinggi. Ini lah sebabnya banyak orang akhirnya mengolah cangkang telur menjadi suplemen untuk kesehatan tubuh. Dalam sebuah penelitian di University of Florida, cangkang telur mengandung 2,2 gram kalsium.

Sementara manusia dewasa rata-rata membutuhkan sekitar 1 gram kalsium setiap harinya. Oleh karenanya, setengah cangkang telur saja sebenarnya bisa memenuhi kebutuhan kalsium orang dewasa.

Nah, dari penelitan tersebutlah, sebagian orang memiliki ide kreatif untuk mengonsumsi cangkang telur. Cara termudahnya yakni dengan merebus cangkan telur untuk membunuh bakteri, lalu memanggangnya hingga kering. Kemudian cangkang telur akan dihaluskan sampai menyerupai bubuk dengan menggunakan food processor.

Bubuk cangkang telur ini kemudian ditaburkan atau ditambahkan dalam berbagai menu santapan, seperti campuran jus, olahan sayuran, dan adonan roti. Lantas, apa saja manfaat bubuk cangkang telur untuk kesehatan tubuh?

Berikut manfaat bubuk cangkang telur untuk kesehatan tubuh, dikutip dari healthline.

1. Mengurangi Risiko Osteoporosis

Usia tua adalah salah satu faktor risiko terkuat untuk osteoporosis, tetapi asupan kalsium yang tidak memadai juga dapat menyebabkan pengeroposan tulang dan osteoporosis dari waktu ke waktu. Jika kamu kekurangan kalsium, maka mengonsumsi makanan bubuk cangkang telur adalah pilihan yang tepat.

Sebuah studi pada wanita pascamenopause dengan osteoporosis menemukan bahwa mengonsumsi bubuk kulit telur bersama dengan vitamin D3 dan magnesium, secara signifikan memperkuat tulang mereka dengan meningkatkan kepadatan mineral tulang.

2. Menyehatkan Sendi

Saat kamu membuat bubuk cangkang telur, jangan melepaskan atau menghilangkan membran atau lapiran air yang menempel di lapisan dalam cangkang telur. Pasalnya membran ini punya kandungan kolagen dalam jumlah tinggi. Apabila dikonsumsi rutin, maka membran cangkang telur bermanfaat untuk menyehatkan persendian.

Baca Juga: 4 Manfaat Bubuk Cangkang Telur untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui
Banyak Diburu hingga Langka, 5 Makanan Ini Mengandung Vitamin D Tinggi

3. Efektif Menguatkan Gigi

Bubuk cangkang telur diketahui memiliki kandungan mineral alami, seperti fluoride dan selenium. Kandungan inilah yang diyakini efektif untuk menguatkan gigi.

4. Menguatkan Tulang

Kalsium karbonat dalam cangkang telur adalah kalsium alami yang bisa menguatkan tulas. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kalsium karbonat dalam cangkang telur lebih mudah diserap tubuh daripada kalsium karbonat yang ada di suplemen-suplemen medis.