Belajar dari Pandemi, Ini Strategi Amerika Serikat Perkuat Sistem Pangan

Ilustrasi - Sektor pertanian Amerika Serikat.(Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Rabu, 8 Desember 2021 | 12:50 WIB

Sariagri - Banyak cara yang bisa dilakukan negara untuk memperkuat sistem pangannya. Salah satunya dengan mengkonsumsi pangan lokal seperti yang dilakukan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA).

Dilansir dari Successful Farming, Pemerintah AS akan menggelontorkan dana hingga 400 juta dolar AS (Rp5,7 triliun) untuk negara bagian dan masyarakat adat untuk membeli pangan lokal. Pengucuran dana itu sebagai bantuan pangan darurat.

USDA mengatakan Program Bantuan Pembelian Pangan Lokal dilakukan pemerintah AS untuk membangun ketahanan sistem pangan di negara itu. Dijelaskan USDA, konsep Program Bantuan Pembelian Pangan Lokal yaitu negara bagian akan membeli makanan dari petani lokal yang kurang mampu secara sosial dan menyerahkan makanan itu kepada masyarakat kurang mampu.

USDA mengatakan, dana bantuan itu bisa dihabiskan dalam kurun waktu dua tahun. Jumlah 400 juta dolar AS itu merupakan bagian dari dana 1 miliar dolar AS yang dialokasikan USDA tahun 2021 untuk investasi jangka panjang dalam upaya mengubah sistem pangan di AS.

Baca Juga: Belajar dari Pandemi, Ini Strategi Amerika Serikat Perkuat Sistem Pangan
Anggaran Ketahanan Pangan hingga Food Estate di 2022 Capai RpRp76,9 Triliun

Pemerintah AS mengambil pelajaran dari pandemi COVID-19 bahwa selama ini sistem pangan mereka terlalu kaku dan rapuh.

“Salah satu pelajaran dari COVID-19 adalah sistem pangan saat ini terlalu kaku, terkonsolidasi, dan rapuh. Perjanjian kerja sama ini akan membantu entitas negara bagian, suku (masyarakat adat), dan warga lokal membeli makanan secara lebih efisien dari produsen (petani, peternak) lokal dan berinvestasi dalam infrastruktur yang memungkinkan organisasi mitra menjangkau masyarakat yang kurang terlayani secara lebih efektif,” jelas USDA.

USDA menambahkan tersedia dana hibah hingga 50 juta dolar AS (Rp716,4 miliar) untuk memperluas akses Program Bantuan Makanan Darurat (The Emergency Food Assistance Program/TEFAP) di pedesaan, suku dan daerah tertinggal lainnya. Melalui TEFAP, USDA akan membeli dan menyumbangkan makanan ke bank makanan. Pada tahun fiskal 2021, USDA telah mengalokasikan 2,29 miliar dolar AS untuk TEFAP termasuk di dalamnya dana bantuan pandemi.

Video terkait: