Lima Jenis Singkong Ini Bisa Diolah Jadi Aneka Makanan Enak

Ilustrasi - Singkong bisa diolah menjadi aneka makanan.(Piqsels)

Editor: Arif Sodhiq - Rabu, 8 Desember 2021 | 08:00 WIB

Sariagri - Singkong atau ubi kayu merupakan salah satu sumber karbohodrat oengganti dapat dijadikan pengganti nasi. Selain itu, singkong bisa diolah menjadi aneka makanan ringan atau camilan yang enak untuk menemani saat sedang santai. 

Tanaman singkong dapat dengan mudah ditemukan karena tumbuh subur di Indonesia, namun hanya beberapa jenis saja yang dapat diolah menjadi camilan enak.

Berikut jenis singkong yang sering dijadikan bahan untuk membuat camilan yang enak dirangkum dari berbagai sumber:

1. Singkong mentega

Singkong mentega memiliki daging umbi berwarna kuning dengan rasa kenyal seperti ketan. Singkong jenis ini sering digunakan untuk sebagai bahan pembuatan tape karena warnanya cantik dan rasanya manis.

2. Singkong gajah

Singkong gajah memiliki rasa gurih seperti mentega. Selain diolah menjadi keripik, opak dan tepung, singkong jenis ini juga digunakan sebagai bahan bioetanol. Singkong asal Kalimantan Timur ini mudah dikenali karena ukurannya lebih besar dibanding singkong lainnya.

Singkong gajah diminati karena dapat menghasilkan umbi yang banyak. Dalam satu batang singkong gajah berukuran besar rata-rata memiliki umbi 8-12 umbi. Jika rata-rata bobot singkong pada umumnya 4-5 kg per batang, bobot singkong gajah bisa mencapai 40 kg per batang.

3. Singkong manggu

Singkong manggu berasal dari Cimanggu, Jawa Barat. Singkong ini memiliki tekstur empuk dengan rasa gurih dan manis serta mengandung pati tinggi. Singkong manggu dapat diolah menjadi aneka makanan seperti keripik, tape, getuk dan gorengan.

Singkong manggu paling mudah ditanam dan kulitnya juga mudah dikupas. Rata-rata umbi singkong manggu berdiameter 4-5 cm dengan bobot terbesar bisa mencapai 10 kg per batang.

4. Singkong putih

Sesuai dengan namanya, singkong putih memiliki daging umbi berwarna putih bersih dengan tekstur keras. Singkong putih umumnya digunakan untuk membuat aneka makanan yang dikukus atau direbus seperti kolak atau getuk. Singkong putih mudah ditanam dengan masa panen sembilan bulan. Rata-rata dalam satu batang singkong putih rata-rata dapat menghasilkan 2-3 kg umbi.

5. Singkong darul hidayah

Singkong darul hidayah sering disebut singkong raksasa karena ukurannya yang besar. Jika dibandingkan singkong biasa, bobot singkong ini bisa sepuluh kali lipatnya. Singkong darul hidayah diminati petani karena ukurannya besar sehingga lebih menguntungkan.

Baca Juga: Lima Jenis Singkong Ini Bisa Diolah Jadi Aneka Makanan Enak
Dibuang Sayang! Kulit Singkong Bisa Dijadikan Lodeh, Warganet: Aku Baru Tahu

Singkong raksasa ini biasanya dimanfaatkan dan diolah sebagai bahan baku industri. Selain itu singkong darul ini juga cocok untuk membuat kreasi makanan seperti tape, getuk maupun gorengan.

Meski masa panen relatif lama yaitu 12 bulan, namun keuntungan yang didapatkan bisa berkali lipat dari singkong biasa. Ciri-ciri singkong darul hidayah, tingginya bisa mencapai 3,6 meter dengan batang berwarna putih dan tekstur umbi yang padat. 

Video terkait:

Video Terkait