Maudy Koesnaedi Bagikan Tips Jitu agar Anak Doyan Makan Buah dan Sayur

Artis Cantik Maudy Koesnaedi. (Antara)

Editor: Dera - Selasa, 7 Desember 2021 | 16:30 WIB

Sariagri - Aktris Maudy Koesnaedi membagikan ceritanya dalam mengenalkan dan membiasakan anaknya yang berada di usia remaja untuk makan sayur dan buah.

"Punya anak remaja itu challenging. Tapi karena anak saya itu bisa makan variatif, mungkin karena ibunya juga senang makan, jadi anaknya bisa makan apa aja. Kami di rumah, habit-nya itu sarapan pagi makan buah dengan berbagai warna dan bentuk," kata Maudy dalam webinar pada Selasa.

"Jadi anak saya sudah terbiasa makan buah di pagi hari. Saya juga suka makan sayur yang segar, akhirnya dia juga suka dengan sayur yang diolah seperti salad dan di masakan Indonesia," ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, Maudy mengatakan kesadaran anak untuk mengetahui pentingnya makan sayur dan buah dimulai dari orang tua. Menurut bintang film "Losmen Bu Broto" (2021) itu, orang tua sebagai penyedia asupan anak sangat ikut andil dalam meningkatkan kesadaran gizi seimbang dan pola hidup sehat itu.

"Kalau orang tua bisa menyuguhkan makanan sehat dan enak, hal itu membuat anak-anak tidak terpaksa (untuk mengonsumsi sayur dan buah). Bisa juga dengan mengajak anak ke tempat-tempat yang cozy dan memilih makanan yang sehat," kata Maudy.

"Tidak semua tempat gaul itu makanannya tinggi kalori, gula dan lemak juga. Cari menu yang memang ada makanan sehatnya. Perlu diingat juga bahwa (kesadaran) adalah proses, tidak bisa tiba-tiba ada kesadaran untuk mau olahraga dan makan sehat (secara langsung)," imbuhnya.

Antara melansir, pemeran Zaenab dalam tayangan legendaris "Si Doel" itu mengatakan, tidak apa-apa pula bagi orang tua untuk membiarkan anak mencicipi makanan dan minuman kekinian bersama teman-teman sebayanya.

"Tidak apa-apa untuk cobain agar dia tahu seperti apa rasanya. Tapi, penting buat dia untuk juga mengetahui kadarnya, misalnya gula dan lainnya. Namun saya beruntung karena dia bisa bikin menu sendiri. Misalnya ingin bikin salad, berbagi dessert. Kebiasaan-kebiasaan itu dilihat dari orang tuanya," paparnya.

Maudy kembali mengingatkan orang tua untuk membiasakan anak makan sehat serta mengenalkan dan bersama-sama mengimplementasikan pola hidup sehat sejak dini.

Baca Juga: Maudy Koesnaedi Bagikan Tips Jitu agar Anak Doyan Makan Buah dan Sayur
Ahli Sebut 'Immunity Boosters' Bisa Diperoleh dari Sayur dan Buah Segar

"Mengenalkan pola hidup sehat dengan olahraga, makan seimbang, memang harus dibiasakan sejak dini. Kampanye ini diprioritaskan untuk generasi muda, sehingga kita harus bantu," kata Maudy.

"Komunikasinya bagaimana supaya anak-anak muda ini bisa sadar akan pentingnya hidup sehat, kita sebagai orang tua perlu untuk memberikan kesadaran di rumah, pemikiran juga untuk pengasuh di rumah untuk mengatur menu makanannya seperti apa," imbuhnya.